Brilio.net - Bangun datar adalah salah satu materi yang dipelajari dalam ilmu matematika. Bangun datar merupakan bangun dua dimensi dalam geometri yang tidak memiliki ketebalan dan terdiri dari berbagai macam bentuk, seperti persegi, persegi panjang, segitiga, jajar genjang, belah ketupat, layang-layang, trapesium, dan lingkaran.

Nggak hanya ada di dalam ilmu matematika, bentuk geometri juga dapat ditemukan di kehidupan sehari-hari. Salah satu bentuk geometri yang mudah ditemukan adalah layang-layang. Layang-layang bahkan jadi salah satu permainan favorit di kalangan anak-anak.

Layang-layang memiliki ciri khusus dua sisi yang membentuk sudut sama panjang dan besaran sudut yang saling berhadapan sama besar. Nah, supaya kamu mengetahui tentang keliling dan luas layang-layang, yuk simak rangkuman lengkap rumus keliling dan luas layang-layang beserta sifat dan cara pengerjaannya. Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (13/10).

Rumus keliling dan luas layang-layang.

 rumus keliling dan luas layang-layang © berbagai sumber

foto: Istimewa

Layang-layang adalah salah satu bentuk bangun datar dengan empat sisi yang mempunyai bentuk seperti layang-layang atau belah ketupat. Ciri khas dari layang-layang adalah kedua pasangan sisi berseberangan memiliki panjang yang sama dan dua sudutnya berseberangan juga memiliki ukuran yang sama. Sisi-sisi yang berseberangan yang memiliki panjang yang sama disebut sisi sejajar.

Rumus keliling layang-layang dapat dihitung dengan rumus:

K = 2(a + b)

dengan a dan b adalah panjang sisi-sisi yang berdekatan.

Rumus luas layang-layang dapat dihitung dengan rumus:

L = 1/2 x d1 x d2

dengan L adalah luas layang-layang dalam satuan luas, d1 dan d2 adalah diagonal pertama dan kedua dalam satuan panjang

Sifat bangun datar layang-layang.

 rumus keliling dan luas layang-layang © berbagai sumber

foto: Istimewa

Layang-layang adalah bangun datar dua dimensi yang memiliki dua pasang sisi sama panjang namun tidak sejajar, serta saling membentuk sudut yang berbeda. Layang-layang dapat dibentuk dari segi empat dan jika keempat rusuknya sama panjang, disebut belah ketupat.

Layang-layang memiliki ciri khusus dua sisi yang membentuk sudut sama panjang dan besaran sudut yang saling berhadapan sama besar.

Sifat-sifat bangun datar layang-layang antara lain:

1. Memiliki 4 sisi yang terdiri dari 2 pasang sisi yang sama panjang.
2. Memiliki 4 sudut yang terdiri dari 2 pasang sudut yang saling berhadapan.
3. Memiliki 2 sudut yang saling berhadapan dan sama besar.
4. Memiliki 2 diagonal yang saling berpotongan dan tegak lurus.
5. Memiliki 1 sumbu simetri.
6. Memiliki 1 simetri lipat.
7. Memiliki 1 simetri putar.