Brilio.net - Setiap orang tentu menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Bentuk tubuh ideal atau istilah kerennya body goals ini tentu nggak bisa didapatkan dengan cara instan. Butuh usaha dan konsistensi untuk mewujudkannya. Dengan menjaga pola makan, pola tidur, rutin meminum vitamin, dan rajin berolahraga bisa membentuk tubuhmu menjadi ideal.

Selain itu, ada cara lain untuk mengontrol apakah berat badanmu sudah sesuai dan ideal dengan tinggi tubuhmu yang sekarang. Cara tersebut disebut dengan IMT atau Indeks Massa Tubuh. Rumus IMT ini berguna untuk menghitung dan mengetahui seberapa ideal tubuh yang kamu miliki saat ini.

Nah, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (31/10), berikut ini penjelasan tentang rumus IMT lengkap dengan pengertian, tips dan trik, serta cara yang tepat mengukurnya.

Pengertian Indeks Massa Tubuh (IMT).

Rumus IMT freepik.com

foto: freepik.com

Indeks Massa Tubuh (IMT) adalah sebuah metode sederhana untuk mengevaluasi apakah berat badan seseorang proporsional terhadap tinggi badan. IMT adalah pengukuran yang umum digunakan untuk menilai status berat badan seseorang dalam kaitannya dengan kesehatan.

Rumus IMT adalah cara cepat dan mudah untuk mengidentifikasi apakah seseorang kekurangan berat badan, normal, kelebihan berat badan, atau obesitas. Rumus IMT sendiri berguna untuk menghitung perbandingan berat badan seseorang terhadap tinggi badan dirinya.

IMT membandingkan berat badan seseorang dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter dan digunakan sebagai indikator kasar untuk menilai status berat badan seseorang.