Brilio.net - Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Seluruh umat Islam di dunia bersiap-siap menyambut bulan penuh keberkahan dengan mempersiapkan diri untuk beribadah. Memasuki bulan Ramadhan, ada baiknya kamu mempelajari ulang panduan niat sholat tarawih beserta witir dan keutamaannya. Dengan begitu, kamu akan lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah di bulan puasa ini. Apalagi, setiap amalan di bulan ini akan dilipat gandakan pahalanya.

Hal ini dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW, “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman: “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari 1904, 5927 dan Muslim 1151).

Ibadah yang hanya dijumpai di bulan suci Ramadhan ialah berpuasa dan sholat tarawih. Oleh karena itu, kamu harus mengerti panduan niat sholat tarawih beserta witir. Sholat tarawih dilaksanakan setelah sholat isya pada bulan Ramadan. Meskipun tidak ada jumlah rakaat yang tetap dalam sunnah tarawih, Rasulullah SAW pernah melakukan sholat tarawih dari 8 rakaat hingga 20 rakaat.

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha, dia berkata, "Rasulullah shollallahu 'alaihi wa sallam tidak pernah sholat lebih dari sebelas rakaat pada bulan Ramadan dan di luar Ramadan". Beliau melaksanakannya yang terbaik dan setelah itu beliau melaksanakan witir di rumah." (HR. Muslim). Panduan niat sholat tarawih beserta witir juga dijumpai dalam hadis lainnya. Adapun sholat tarawih 20 rakaat hadis yang dipakai adalah "Umar bin Khaththab radhiyallahu 'anhu memerintahkan Ubay bin Ka'ab untuk mengimami sholat tarawih pada malam Ramadan dengan jumlah rakaat 20. (HR. Bukhari dan Muslim)".

Di dalam hadis yang dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa keutamaan sholat tarawih adalah diampuni dosa-dosa di masa lalu. Nabi Muhammad SAW bersabda "Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau" (HR Al-Bukhari, Muslim, dan lainnya). Maka dari itu, keutamaan ibadah sholat tarawih ini tidak di sia-siakan oleh umat muslim di seluruh dunia.

Bagaimana niat sholat tarawih dan witir serta apa keutamaannya? Brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/3), panduan niat sholat tarawih dan witir beserta keutamaannya.

Panduan niat dan tata cara sholat tarawih.

panduan niat sholat tarawih freepik.com

foto: freepik.com

1. Berwudhu.

Sebelum melaksanakan ibadah sholat, umat muslim akan terlebih dulu mensucikan diri dengan berwudhu. Wudhu ini fungsinya untuk membersihkan anggota tubuh dari najis atau kotoran yang merupakan syarat sah sholat. Tanpa wudhu, ibadah sholat tidak memenuhi syaratnya.

2. Niat sholat tarawih.

panduan niat sholat tarawih © berbagai sumber

foto: istimewa

Bacaan niat sholat tarawih yaitu "Ushalli sunnatat-tarawih rak'ataini lillahi ta'ala".

Tata cara sholat tarawih.

1. Melafalkan niat
2. Membaca doa iftitah
3. Membaca Surat Al-Fatihah
4. Membaca Surat Al-Quran
5. Ruku'
6. I'tidal
7. Sujud
8. Duduk di antara dua sujud
9. Sujud kedua

Berdiri untuk rakaat kedua.

10. Membaca surat Al-Fatihah
11. Membaca Surat Al-Quran
12. Ruku'
13. I'tidal
14. Sujud
15. Duduk di antara dua sujud
16. Sujud kedua
17. Tasyahud Akhir
18. Salam