Brilio.net - Hadits adalah sebuah sumber atau rujukan penting dalam Islam. Pengertian hadits sendiri adalah segala perkataan, perbuatan, atau persetujuan yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW. Hadits adalah salah satu dari dua sumber utama dalam agama Islam, yang lainnya adalah Al-Qur'an.

Dalam Islam, hadits memiliki peranan yang sangat penting dalam menjelaskan, menguatkan, dan memperjelas ajaran yang terdapat dalam Al-Qur'an. Hadits juga digunakan sebagai pedoman oleh umat Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari, termasuk dalam hal ibadah, akhlak, dan tata cara bersosialisasi.

Selain sebagai sumber ajaran agama, hadits juga menjadi panduan dalam menyelesaikan masalah-masalah kehidupan sehari-hari. Hadits membantu umat Islam dalam memahami ajaran Islam secara lebih mendalam dan aplikatif.

Dengan demikian, pengertian hadits dalam Islam sangat penting sebagai pelengkap dari Al-Qur'an dan sebagai sumber ajaran kehidupan umat Islam. Hadits memberikan penjelasan yang lebih rinci tentang ajaran agama Islam dan menjadi panduan dalam menjalani kehidupan sesuai dengan ajaran Islam.

Nah, hadits itu ternyata ada jenis dan macamnya lho. Dirangkum brilio.net dari berbagai pada Senin (5/2) ini dia macam-macam hadits dan contohnya. Mulai dari pengertian, sampai fungsinya sebagai pedoman ajaran Islam.