Brilio.net - Ghadab adalah istilah bahasa Arab yang berarti kemarahan atau emosi amarah yang menggebu-gebu. Secara sederhana ghadab adalah sifat seseorang yang mudah marah karena tidak menyukai perkataan maupun perbuatan orang lain. Tak heran jika orang dengan sifat ini cenderung melakukan kekerasan fisik seperti menyerang diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Marah itu wajar-wajar saja tetapi jangan sampai berlebihan, pasalnya ketika kamu memarahi orang lain, secara tak sadar amarah mu itu berubah menjadi luka batin bahkan trauma bagi orang itu. Oleh karena itu, sifat ghadab sangat tidak disukai oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Lalu, apa saja yang dapat menyebabkan seseorang menjadi ghadab? Nah, berikut ini penjelasan tentang ghadab artinya, pahami penyebab, dan cara menghindarinya. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (26/1).

Pengertian ghadab menurut para ahli.

Ghadab artinya, pahami penyebabnya © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

Amarah merupakan hal yang naluriah dialami setiap orang yang terjadi karena berbagai faktor seperti kesal, benci, dihina, atau berbagai konflik lainnya yang memicu adanya amarah. Untuk memahami apa arti ghadab yuk simak pendapat para ahli sebagai berikut:

Pengertian Ghadab menurut para ahli dapat dibagi menjadi dua, yaitu pengertian secara umum dan pengertian secara khusus.

Pengertian Ghadab secara umum.

Pengertian Ghadab secara umum adalah perasaan tidak senang, kesal, atau marah yang muncul karena adanya sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan dan keinginan seseorang. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perlakuan tidak adil, penghinaan, maupun ancaman.

Merujuk pendapat Imam al-Ghazali, menjelaskan bahwa ghadab adalah suatu perasaan yang terkandung dalam hati dan disertai dengan keinginan untuk membalas. Ghadab dapat berupa kemarahan yang kecil, sedang, atau besar.

Sementara itu, menurut Imam al-Qurtubi, Ghadab adalah suatu perasaan yang menyebabkan seseorang menjadi keras hati dan sulit dikendalikan. Ghadab dapat berupa kemarahan yang disertai dengan ucapan maupun perbuatan yang menyakitkan.

Pengertian Ghadab secara khusus.

Pengertian Ghadab secara khusus merupakan kemarahan yang muncul karena adanya pelanggaran terhadap hak-hak Allah ataupun hak-hak manusia, seperti melanggar aturan Allah, melanggar HAM, maupun perbuatan yang bertentangan dengan hukum positif serta hukum Islam. Ghadab ini disebut juga dengan ghadab syar'i. Lantas apa itu ghadab syar'i?

Menurut Imam al-Qurthubi, Ghadab syar'i adalah kemarahan yang dibenarkan oleh syariat. Ghadab ini muncul karena adanya pelanggaran terhadap hukum Allah atau hukum manusia. Contohnya ketika melanggar hukum atau mencelakai orang lain maka boleh melakukan ghadab tetapi sesuai dengan aturan yang berlaku pula.

Sementara menurut Syekh Nawawi al-Bantani, Ghadab syar'i merupakan kemarahan yang bertujuan untuk menegakkan kebenaran dan keadilan. Ghadab ini dapat berupa kemarahan yang diekspresikan secara lisan maupun tulisan, atau bahkan kemarahan yang diekspresikan secara fisik.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa ghadab artinya kondisi emosional seseorang yang bersifat negatif seperti amarah, kekesalan, maupun kebencian. Amarah tersebut disertai kata-kata yang menyakitkan maupun ghadab hingga melakukan kekerasan fisik pada orang lain. Meski begitu, adapula ghadab syar'i yang dipahami sebagai bentuk amarah yang merujuk pada tindakan menegakkan keadilan.