Brilio.net - Kamu diminta mengerjakan makalah bahasa Indonesia tapi bingung bagaimana memulainya? Tugas pembuatan makalah memang sering hadir dalam mata pelajaran siswa di sekolah, bahkan ketika kuliah pun kamu akan diminta membuat makalah. Meski begitu, masih banyak yang belum memahami cara membuat makalah bahasa Indonesia.

Sebelum mengetahui cara menulis makalah, kamu perlu memahami apa arti makalah sebenarnya. Sederhananya, makalah merupakan karya ilmiah yang membahas berbagai bidang pengetahuan seperti sejarah, bahasa Indonesia, biologi dan berbagai bidang pengetahuan atau akademik lainnya. Jika ditelusuri lebih jauh, makalah ternyata tidak hanya ditulis oleh siswa atau mahasiswa saja, tetapi juga ditulis guru, dosen, atau peneliti yang ingin mengkaji atau menyampaikan suatu topik atau masalah yang relevan di bidang ilmu pengetahuan.

Lantas bagaimana cara menulis makalah yang baik dan benar dalam bahasa Indonesia? Apa saja contoh makalah dalam bahasa Indonesia yang bisa dijadikan referensi atau inspirasi? Apa saja langkah dan tips menulis makalah dalam bahasa Indonesia yang menarik dan memikat hati para pembacanya? Jika kamu ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka wajib simak artikel ini sampai selesai.

Sebab, artikel ini membahas tentang contoh makalah bahasa Indonesia mulai dari definisi, ciri, struktur, dan cara menulis yang baik dan benar. Tunggu apa lagi? Yuk, simak baik-baik penjelasan contoh makalah bahasa Indonesia ini yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (1/12)

Definisi dan ciri umum makalah bahasa Indonesia.

contoh makalah bahasa Indonesia © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Makalah adalah suatu tulisan atau naskah yang mengandung analisis, diskusi, atau penelitian tentang suatu topik tertentu. Makalah seringkali disusun untuk menyajikan pandangan atau argumen penulis mengenai suatu masalah atau isu tertentu, didukung oleh fakta, data, dan referensi yang relevan. Makalah dapat memiliki berbagai tujuan, seperti memberikan informasi, meyakinkan pembaca, atau menyajikan hasil penelitian.

Supaya lebih memahami apa itu makalah, kamu perlu menyimak beberapa ciri umum dari sebuah makalah:

1. Membahas topik yang terbatas.

Makalah biasanya membahas topik atau isu yang spesifik dan terbatas. Fokusnya dapat berkisar dari suatu aspek tertentu dari suatu subjek hingga isu-isu yang lebih umum.

2. Memiliki struktur yang formal.

Makalah biasanya mengikuti struktur formal dengan pendahuluan, tubuh tulisan yang terdiri dari beberapa bab atau bagian, dan kesimpulan. Setiap bagian memiliki tujuan tertentu dalam menyampaikan informasi atau argumen.

3. Terdapat analisis atau argumen yang kompleks.

Makalah seringkali mencakup analisis mendalam atau argumen penulis terhadap topik yang dibahas. Analisis ini dapat memberikan ulasan tentang pandangan kritis, interpretasi data, dan pembelaan terhadap pandangan tertentu dari penulis makalah.

4. Harus menyertakan data atau referensi.

Berbeda dengan karya tulis lainnya, ketika menyusun sebuah makalah wajib menyertakan referensi. Makalah biasanya didukung oleh bukti-bukti, data, atau referensi yang relevan dan dapat dipercaya. Tujuannya agar makalah yang kamu tulis memiliki kekuatan yang kuat pada argumen yang disampaikan.

5. Menggunakan gaya bahasa formal.

Gaya bahasa formal dimaksudkan agar makalah yang ditulis lebih profesional dan tidak menggunakan slang yang tidak perlu. Umumnya makalah menggunakan kosakata dan struktur kalimat yang sesuai dengan norma akademis.

6. Pendahuluan yang jelas.

Makalah umumnya dimulai dengan pendahuluan yang jelas, yang menyajikan topik, tujuan penulisan, dan mungkin gambaran singkat mengenai apa yang akan dibahas.

7. Kesimpulan yang ringkas.

Setelah menjabarkan latar belakang, tujuan, rumusan masalah dan berbagai hal lainnya. Makalah biasanya diakhiri dengan kesimpulan yang merangkum pokok-pokok penting dan memberikan ringkasan dari argumen atau analisis yang telah disajikan.