Brilio.net - Memasuki hari-hari terakhir bulan Ramadhan tentunya banyak umat Islam yang merasakan sedih. Hal ini karena harus meninggalkan bulan Ramadhan dan harus menunggunya satu tahun lagi yang belum tentu bisa menemuinya kembali. Meskipun seperti itu, sebagai umat Islam kita jangan sampai melupakan satu doa saat akan berakhirnya bulan Ramadhan, yaitu doa akhir Ramadhan.

Doa akhir Ramadhan menjadi sarana memanjatkan rasa syukur dan permintaan kepada Allah SWT. Disebutkan dalam hadist, ketika seorang Muslim memanjatkan doa pada malam akhir Ramadhan atau menjelang Idul Fitri maka doanya tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Seperti hadist berikut:

"Lima malam tidak akan ditolak doa di dalamnya, malam Jumat, malam pertama di bulan Rajab, malam Nisfu Syaban, malam lailatul qadar, malam Hari Raya Idul Adha dan Fitri." (HR Al Baihaqi).

Maka dari itu, sebagai umat Muslim yang telah melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh jangan lupa untuk mengamalkan doa akhir Ramadhan agar mendapat keberkahan Allah SWT. Meskipun Ramadhan hampir usai, kita harus tetap menjalankan ibadah serta amalan-amalan yang dianjurkan, dan berdoa semoga dipertemukan kembali dengan Ramadhan yang akan datang. Lebih lanjut, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, keutamaan doa akhir Ramadhan dan artinya yang perlu diamalkan, Senin (8/4).