Brilio.net - Dalam berkomunikasi yang melibatkan orang banyak, pasti kamu mendengar istilah "persuasi/persuasif". Pada dasarnya, persuasi bermakna segala upaya yang dilakukan seseorang untuk meyakinkan/membujuk orang lain demi mencapai suatu pemahaman. Hal ini lumrah dilakukan oleh siapapun dan dalam konteks apapun.

Namun, perlu kamu tahu juga, bahwa upaya tersebut dapat berfungsi sebagai usaha yang positif atau malah berdampak negatif pada dirimu. Supaya kamu tidak terjerumus kedalam hal-hal negatif, kamu harus memahami mengenai pengertian dari kata persuasi juga dengan ciri-ciri, dan contoh penggunannya.

Mempelajari lebih dalam seputar kata persuasi, dapat berguna juga saat kamu ingin menyamakan pemikiran atau pendapat dengan orang lain, agar pesan dan keinginan yang kamu mau bisa tersalurkan dengan efektif. Beberapa langkah juga perlu kamu lakukan, hingga pada akhirnya lawan bicara atau audiens yang menyimak pesan darimu dapat lebih menangkap intisari dari seluruh rangkaian komunikasi yang telah kamu jalin. Kata persuasi adalah kunci dari sekian banyak teknik komunikasi yang efisien, jika kamu ingin mempelajarinya, kamu bisa melihat informasi dibawah ini.

Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk simak artikel ini hingga habis. Berikut pengertian, ciri, dan contoh dari kata persuasi. Seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (18/4).

Pengertian kata persuasi.

Kata persuasi adalah bujukan © freepik.com

foto: freepik.com

Pengertian dari kata persuasi perlu diketahui terlebih dahulu dari makna persuasi. Persuasi adalah usaha untuk mengubah, memperkuat, atau mengarahkan sikap, keyakinan, atau perilaku seseorang atau kelompok melalui penggunaan kata-kata, argumen, atau teknik komunikasi lainnya. Tujuannya adalah untuk meyakinkan orang lain agar setuju atau bertindak sesuai dengan pandangan atau keinginan kita. Kata persuasi adalah melibatkan konsep komunikasi yang bertujuan untuk mempengaruhi sikap, keyakinan, atau perilaku seseorang atau kelompok dengan menggunakan berbagai strategi dan teknik komunikasi.

Di dalam ilmu bahasa, persuasi sering dikaji dalam konteks retorika, yaitu seni atau ilmu tentang bagaimana menggunakan kata-kata dengan efektif untuk meyakinkan, menggerakkan, atau mempengaruhi orang lain. Jadi dapat kita simpulkan bahwa kata persuasi bermakna serangkaian kata-kata yang memiliki tujuan untuk membujuk orang lain agar menjadi satu pandangan, pemikiran, ataupun keinginan dengan kita.

Dalam konteks ilmu bahasa, kata persuasi adalah pemahaman mendalam tentang struktur bahasa, kekuatan kata-kata, serta keterampilan dalam menyampaikan pesan dengan jelas dan meyakinkan. Persuasi juga mencakup pemahaman tentang bagaimana bahasa dapat digunakan untuk membangun argumen yang kuat, memanipulasi emosi pendengar, dan mempengaruhi persepsi mereka.

Pengertian kata persuasi dalam ilmu bahasa Indonesia juga mencakup pemahaman tentang berbagai teknik dan strategi persuasif, seperti penggunaan analogi, perbandingan, retorika figuratif, dan berbagai jenis argumen. Selain itu, pemahaman tentang audiens juga merupakan bagian penting dari persuasi dalam konteks bahasa, termasuk dalam memilih gaya bahasa, kata-kata, dan argumen yang paling efektif untuk mencapai tujuan persuasif.

Dalam praktiknya, penggunaan kata persuasi dalam ilmu bahasa Indonesia dapat ditemui dalam berbagai situasi komunikasi, mulai dari pidato politik, iklan, kampanye sosial, hingga argumen dalam tulisan akademik. Pentingnya pemahaman tentang persuasi dalam konteks bahasa Indonesia adalah untuk memungkinkan individu untuk berkomunikasi dengan lebih efektif, meyakinkan, dan memengaruhi orang lain dengan cara yang bertanggung jawab dan etis.

 

(Magang/Zidan Fajri)