Brilio.net - Dalam bahasa Inggris, ada dua jenis kata benda, yaitu kata benda yang bisa dihitung (countable nouns) dan kata benda yang tidak bisa dihitung (uncountable nouns). Kata benda yang bisa dihitung merupakan kata yang menunjukkan benda yang bisa dihitung satu per satu, seperti buku, kucing, kursi, dan lain-lain. Sementara, kata benda yang tidak bisa dihitung adalah kata yang menunjukkan benda yang tidak bisa dihitung satu per satu, seperti air, gula, cinta, dan lain-lain.

Nah, pada artikel ini akan membahas tentang beberapa contoh kata benda yang tidak bisa dihitung dalam bahasa Inggris. Pembahasan ini berguna saat kamu menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari maupun saat menulis teks bahasa Inggris. Pasalnya, salah satu tantangan dalam mempelajari bahasa Inggris adalah menentukan apakah sebuah kata benda dapat dihitung atau tidak dapat dihitung.

Nah, supaya memahami lebih jelas tentang kata benda yang tidak bisa dihitung dalam bahasa Inggris, simak penjelasannya berikut seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (25/2).

Pengertian kata benda yang tidak bisa dihitung dalam bahasa Inggris (uncountable nouns).

Contoh kata benda yang tidak bisa dihitung dalam bahasa Inggris © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

Kata benda yang tidak bisa dihitung dalam bahasa Inggris disebut "uncountable nouns" atau "mass nouns." Jenis kata benda ini merujuk pada substansi atau konsep yang tidak dapat dihitung secara individual. Benda-benda ini biasanya merupakan massa, zat, maupun konsep abstrak yang tidak memiliki satuan yang jelas.

1. Kata benda substansi misalnya:

- Water (air)
- Milk (susu)
- Rice (nasi)
- Sugar (gula)
- Salt (garam)

2. Kata benda konsep atau materi abstrak yang tidak memiliki satuan yang jelas, misalnya:

- Knowledge (pengetahuan)
- Love (cinta)
- Happiness (kebahagiaan)
- Advice (nasehat)
- Information (informasi)

Kata benda ini tidak menggunakan bentuk jamak yang teratur dan biasanya tidak digunakan dengan awalan "a" maupun "an." Misalnya, kamu tidak bisa mengatakan "a sugar" atau "three sugars" untuk meminta tiga gula, melainkan kamu menggunakan kata "some sugar" atau "three spoonfuls of sugar" untuk menyatakan tiga sendok gula.