Brilio.net - Di kehidupan sehari-hari kamu pasti tak lepas dari komunikasi dengan seseorang. Entah komunikasi bersama teman, keluarga, maupun rekan kerja pasti saling mengobrol atau memberikan pendapat. Memberikan pendapat (giving opinion) merupakan salah satu keterampilan bahasa Inggris yang penting untuk dikuasai. Dengan memberikan pendapat, kamu dapat mengekspresikan pikiran, perasaan, maupun sudut pandangmu tentang suatu hal.

Ketika memiliki kemampuan untuk giving opinion dapat membantumu berpartisipasi dalam diskusi, debat, maupun berargumentasi dengan orang lain. Namun, bagaimana cara memberikan pendapat yang baik dan benar dalam bahasa Inggris? Apa saja frasa-frasa yang dapat kamu gunakan untuk memberikan pendapat? Nah, dalam artikel ini, brilio.net akan memberikan contoh giving opinion dalam bahasa Inggris yang mudah dipahami.

Tanpa menunggu lama lagi, yuk simak ulasan lengkap tentang contoh giving opinion dalam bahasa Inggris, pahami pengertian dan caranya. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (19/2).

Apa itu giving opinion?

Contoh giving opinion dalam bahasa Inggris dan artinya © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

Giving opinion adalah kalimat yang digunakan untuk menyatakan pendapat pribadi tentang sesuatu. Pendapat bisa bersifat positif, negatif, atau netral, tergantung pada penilaian maupun pandangan kamu. Untuk memberikan pendapat, kamu harus menggunakan frasa-frasa tertentu yang menunjukkan bahwa kamu sedang memberikan pendapat, bukan fakta. Beberapa frasa yang umum digunakan untuk memberikan pendapat adalah:

- I think … (Saya pikir …)

- In my opinion … (Menurut pendapat saya …)

- I believe … (Saya percaya …)

- As far as I know … (Sejauh yang saya tahu …)

- Personally, I think … (Secara pribadi, saya pikir …)

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan situasi serta konteks saat memberikan pendapat. Ada beberapa situasi yang membutuhkan bahasa yang lebih formal maupun informal, lebih sopan atau bahkan tegas, lebih subjektif maupun objektif. Oleh sebab itu, kamu harus menyesuaikan gaya bahasa dengan audiens yang sedang dibicarakan.

Untuk mengungkapkan giving opinion dapat diberikan dengan kalimat yang formal dan informal. Adapun ungkapan giving opinion secara formal tak lepas dari frasa-frasa berikut:

- I think … (Saya pikir …)

- In my opinion … (Menurut pendapat saya …)

- I believe … (Saya percaya …)

- As far as I know … (Sejauh yang saya tahu …)

- Personally, I think … (Secara pribadi, saya pikir …)

- From my point of view … (Dari sudut pandang saya …)

- In my view … (Dalam pandangan saya …)

- It is my belief that … (Ini adalah keyakinan saya bahwa …)