Brilio.net - Masalah lingkungan menjadi masalah yang serius di seluruh dunia. Misalnya terjadi degradasi lingkungan, polusi, dan perubahan iklim adalah beberapa masalah paling mendesak yang tengah dihadapi saat ini. Dalam bahasa Inggris, istilah "environment" atau lingkungan mengacu pada semua hal dan kondisi yang ada di sekitar kita. Hal ini mencakup segala sesuatu mulai dari udara yang kita hirup hingga air yang kita minum, tanah tempat kita tinggal, dan tumbuhan dan hewan yang berada di belahan dunia.

Ada banyak cara untuk memberikan kesadaran terhadap krisis lingkungan yang tengah dihadapi saat ini. Salah satunya dengan menulis artikel tentang lingkungan. Menulis artikel tentang lingkungan bisa dilakukan dengan berbagai bahasa termasuk bahasa Inggris sehingga dapat menjangkau pembaca secara global. Nah, bila kamu ingin tahu cara menulis artikel bahasa Inggris maka simak artikel ini hingga selesai. Pasalnya, brilio.net akan memberikan contoh artikel bahasa Inggris tentang lingkungan.

Pada artikel ini tidak hanya membahas tentang contoh artikel bahasa Inggris saja tetapi memberikan pemahaman tentang apa itu artikel, struktur dan cara mudah menulisnya. Tak lupa, contoh artikel bahasa Inggris juga memiliki terjemahannya sehingga lebih mudah dipahami. Tanpa menunggu lama lagi, yuk simak Contoh artikel bahasa Inggris tentang lingkungan, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (8/12)

Definisi artikel.

contoh artikel bahasa Inggris © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Artikel adalah bentuk tulisan jurnalistik atau esai yang membahas suatu topik atau isu tertentu. Artikel ditulis untuk memberikan informasi, menguraikan pendapat, atau mendiskusikan suatu peristiwa, tren, atau gagasan.

Umumnya penulisan artikel bertujuan memberikan pemahaman mendalam kepada pembaca mengenai suatu topik dan dapat ditemukan dalam berbagai media, termasuk surat kabar, majalah, situs web, dan blog.

Sementara itu, jenis-jenis artikel dapat dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan isinya dan tujuannya. Berdasarkan isinya, artikel dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti artikel ilmiah, artikel opini, artikel review, dan artikel tutorial.

Sedangkan berdasarkan tujuannya, artikel dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti artikel deskripsi, artikel narasi, artikel eksposisi, artikel persuasi, artikel argumentasi, artikel prediktif, artikel SEO, dan artikel copywriting.

Cara menulis artikel yang baik dan benar.

contoh artikel bahasa Inggris © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Menulis artikel yang baik dan benar membutuhkan beberapa langkah.

1. Tentukan topik yang ingin kamu tulis.

Misalnya artikel yang kamu tulis berkaitan dengan lingkungan maka kamu bisa mencari data-data dan mengumpulkan informasi yang relevan dengan topik tersebut.

2. Buat outline atau rangkuman mengenai konten artikel yang ingin ditulis.

Outline atau gambaran umum tentang apa yang kamu tulis membuat kamu lebih mudah menyelesaikan tugas artikel. Misalnya, apa saja yang masuk pendahuluan, isi, dan kesimpulan.

Dengan membuat outline, dapat memperjelas ide dan mengurangi kemungkinan adanya kebingungan saat menulis artikel secara keseluruhan. Tentukan juga struktur artikel yang akan ditulis, seperti pengantar, isi artikel, dan penutup.

3. Mulailah menulis artikel dengan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.

Hindari penggunaan kata-kata yang rumit atau sulit dipahami. Gunakan kalimat yang singkat dan padat. Sisipkan juga referensi atau contoh yang relevan untuk memperjelas isi artikel.

4. Lakukan revisi untuk memperbaiki struktur dan tata bahasa yang kurang baik.

Periksa apakah artikel sudah terdengar jelas dan padat. Jika perlu, kamu bisa meminta bantuan dari teman atau guru untuk mengoreksi artikel yang sudah kamu tulis.

Dalam menulis artikel, pastikan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca dan menghindari penggunaan kata-kata yang rumit atau sulit dipahami. Selain itu, kamu perlu menggunakan kalimat yang singkat dan padat.

Struktur penulisan artikel.

contoh artikel bahasa Inggris © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Struktur penulisan artikel terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

1. Judul

Judul artikel harus menarik dan sesuai dengan isi artikel. Judul harus mampu menarik perhatian pembaca dan memberikan gambaran singkat tentang isi artikel.

2. Pendahuluan

Pendahuluan harus memperkenalkan topik yang akan dibahas dalam artikel. Pendahuluan harus menarik perhatian pembaca dan memberikan gambaran singkat tentang isi artikel.

3. Isi artikel

Isi artikel harus mengandung informasi yang relevan dan bermanfaat bagi pembaca. Isi artikel harus disusun dengan sistematis dan mudah dipahami oleh pembaca.

4. Kesimpulan

Kesimpulan harus merangkum isi artikel dan memberikan penilaian atau pandangan terhadap topik yang dibahas dalam artikel.

5. Daftar pustaka

Daftar pustaka berisi sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan artikel. Daftar pustaka harus disusun dengan sistematis dan mengikuti aturan penulisan daftar pustaka yang berlaku.