Brilio.net - Pernah nggak sih kamu diberi tugas untuk membuat soal explanation text? Untuk memperdalam kemampuan bahasa Inggris tentu saja kamu kerap diminta menyelesai tugas-tugas seputar explanation text essay. Pasalnya, tak hanya muncul di ujian sekolah tetapi kerap muncul di uji kemampuan bahasa Inggris, seperti TOEFL maupun IELTS di perguruan tinggi maupun dunia kerja.

Sebelum menjawab soal explanation text essay tentu kamu harus memahami apa sih explanation text, ciri, dan strukturnya agar tidak kagok dalam menjawab pertanyaan yang ada. Nah, soal explanation text essay adalah soal yang berbentuk esai yang menguji kemampuan kamu dalam memahami, menganalisis, dan mengevaluasi teks explanation.

Nggak cuma itu, soal explanation text essay juga bisa menjadi bahan latihan untuk meningkatkan keterampilan membaca, menulis, maupun berpikir kritis kamu. Berikut ini 9 soal explanation text essay, pahami pengertian, ciri, struktur dan tips menyelesaikannya, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (22/2).

Apa itu explanation text

Soal explanation text essay dan penyelesaiannya © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

Explanation text atau teks eksplanasi merupakan jenis teks yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja ataupun mengapa sesuatu itu terjadi. Pada dasarnya teks ini bertujuan memberikan informasi dan pengetahuan kepada pembaca tentang suatu fenomena maupun suatu kejadian. Explanation text memiliki beberapa ciri-ciri yang mudah dikenal, diantaranya:

Ciri-ciri explanation text:

1. Menjelaskan tentang fenomena alam, sosial, atau budaya. Di mana pada kalimat-kalimatnya kerap menggunakan simple present tense dan sudut pandang orang ketiga.

2. Menggunakan kata kerja tindakan (action verbs) dan kalimat pasif.

3. Menggunakan bahasa formal dan ilmiah.

4. Menyajikan informasi secara logis lalu disusun secara berurutan.

5. Didukung oleh fakta serta data.

Selain itu, adapula manfaat dari explanation text ini, dianranya:

- Memberikan informasi dan pengetahuan kepada pembaca tentang suatu fenomena / kejadian.

- Membantu pembaca untuk memahami bagaimana sesuatu bekerja lalu mengapa sesuatu itu bisa terjadi.

- Meningkatkan rasa ingin tahu serta minat baca pembaca masyarakat.

- Terakhir, dapat melatih kemampuan berpikir kritis dan logis pembaca.

Struktur explanation text

Soal explanation text essay dan penyelesaiannya © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

Struktur explanation text adalah susunan bagian-bagian dari teks yang menjelaskan bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi. Struktur explanation text terdiri dari empat bagian, yaitu:

1. Title
Judul teks yang memberikan gambaran tentang topik yang dibahas.

2. General statement
Pada bagian ini ada pernyataan umum yang mengenalkan topik serta memberikan definisi atau latar belakang tentang hal yang dijelaskan.

3. Explanation
Tak hanya itu, explanation text jugs berisi penjelasan rinci tentang proses, fenomena, maupun mekanisme terjadinya suatu objek. Oleh sebab itu, teks eksplanasi biasanya disusun berdasarkan urutan waktu atau sebab akibat.

4. Conclusion
Terakhir, ada kesimpulan, rekomendasi, atau saran yang berkaitan dengan hal yang dijelaskan.

Tips menjawab soal explanation text essay.

Soal explanation text essay dan penyelesaiannya © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

Untuk menjawab soal explanation text essay, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti, antara lain:

1. Baca dengan cermat teks dan pertanyaan yang diberikan. Cari kata kunci/informasi penting yang berkaitan dengan pertanyaan.

2. Baca pertanyaan yang diminta sehingga ketika kamu membaca soal explanation text essay tidak terlalu sulit mengidentifikasinya.

3. Pahami tujuan, isi, dan struktur teks.
Perhatikan apa yang menjadi topik utama, bagaimana penjelasannya disusun, lalu apa yang menjadi kesimpulan dari teks tersebut.

4. Jawab pertanyaan dengan menggunakan kalimat lengkap, jelas, dan tepat.
Untuk menjawab soal explanation text essay kamu bisa gunakan kata-kata yang sesuai dengan konteks teks dan pertanyaan. Jangan lupa, hindari jawaban yang terlalu singkat, ambigu, atau tidak relevan.

5. Jika perlu, berikan contoh, bukti, atau rujukan dari teks untuk mendukung jawabanmu. Jangan lupa untuk gunakan tanda kutip, kurung, maupun catatan kaki untuk menunjukkan sumber informasi dari teks.

6. Periksa kembali jawabanmu sebelum mengirimkan atau menyerahkan.
Ketelitian itu sangat penting, jadi pastikan jawabanmu sudah sesuai dengan ejaan, tata bahasa, dan tanda baca yang benar. Juga pastikan jawabanmu sudah menjawab semua aspek pertanyaan dengan lengkap serta akurat.