Brilio.net - Di kehidupan sehari-hari setiap orang pasti dibuat kagum oleh fenomena alam. Mulai dari keindahan langit pagi, keindahan senja, keindahan kawasan wisata alam dan berbagai fenomena lainnya yang terjadi di alam selalu menarik perhatian tiap orang. Walau demikian, fenomena alam tidak hanya bersifat indah. Ada pula yang menakutkan seperti banjir, gunung merapi, gempa bumi, dan berbagai hal lainnya. Nah, di artikel ini, brilio.net akan menyajikan beberapa contoh text narrative bahasa Inggris kelas 9 tentang fenomena alam, lengkap dengan penjelasannya.

Perlu dipahami, text narrative merupakan sebuah teks yang menceritakan sebuah kisah yang memiliki alur tertentu. Text narrative biasanya memiliki tiga bagian utama, yaitu orientation (orientasi), complication (komplikasi), dan resolution (resolusi). Text narrative sering digunakan untuk menyampaikan pesan moral, hiburan, atau pengetahuan kepada pembaca. Nggak cuma itu, text narrative bisa berdasarkan pada fakta maupun imajinasi si penulis, bisa berupa fable (cerita binatang), myth (mitos), legend (legenda), fairy tale (dongeng), science fiction (fiksi ilmiah), dan lain-lain.

Nah, pada artikel kali ini akan memberikan contoh text narrative bahasa Inggris kelas 9 tentang fenomena alam yang menarik. Nggak hanya itu, adapun pengertian ciri, jenis, hingga cara membuat text narrative sendiri. Jadi, yuk simak sampai selesai ulasan lengkapnya dalam artikel ini! Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (19/2).

Pengertian teks naratif Bahasa Inggris Kelas 9.

Contoh text narrative bahasa Inggris kelas 9 tentang fenomena alam © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teks naratif (narrative text) dalam bahasa Inggris adalah jenis teks yang menceritakan suatu rangkaian peristiwa. Peristiwa tersebut bisa fiktif (buatan) atau non-fiksi (nyata), namun disusun dengan cara yang imajinatif. Tujuan utama teks naratif ialah untuk menghibur, menginspirasi, maupun menyampaikan nilai-nilai moral kepada pembaca. Selain pengertian, ada pula ciri-ciri utama teks naratif Bahasa Inggris yang perlu dipahami, yakni:

1. Menggunakan past tense.

Teks naratif umumnya menggunakan past tense (waktu lampau) untuk menceritakan peristiwa-peristiwa yang telah terjadi.

2. Adanya plot (alur cerita).

Sebagaimana dalam pengertian teks naratif yang menceritakan suatu peristiwa maka teks naratif pasti memiliki plot maupun alur cerita yang jelas, meliputi eksposisi (pengenalan), rising action (peningkatan konflik), climax (puncak cerita), falling action (resolusi konflik), dan resolution (kesimpulan).

3. Memiliki karakter.

Selain itu, teks naratif biasanya memiliki karakter (tokoh) yang terlibat dalam peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Karakter ini bisa berupa manusia, hewan, atau bahkan benda.

4. Setting (latar).

Biasanya dalam teks naratif memiliki setting / latar yang menggambarkan tempat, waktu, dan suasana dimana peristiwa terjadi.

5. Menggunakan descriptive language.

Teks naratif menggunakan bahasa yang bersifat deskriptif. Pasalnya untuk menggambarkan suasana, karakter, dan peristiwa dengan jelas dan menarik.

6. Biasanya bercerita orang ketiga.

Teks naratif bahasa Inggris maupun dalam teks bahasa Indonesia, umumnya menggunakan sudut pandang orang ketiga, yaitu pengarang menceritakan kisah dari sudut pandang di luar karakter.

Sementara, jenis-jenis teks naratif yang biasa dipelajari di kelas 9 seperti:

1. Fabel: Cerita fiksi yang menggunakan karakter hewan untuk menyampaikan pesan moral.

2. Mitos: Cerita tradisional tentang asal-usul suatu tempat, benda, atau kebiasaan.

3. Legenda: Cerita tradisional yang bercampur fakta dan fiksi tentang tokoh maupun peristiwa sejarah.

4. Dongeng: Cerita fiksi yang biasanya memiliki unsur ajaib lalu disampaikan untuk menghibur anak-anak.

5. Cerita pendek: Narasi fiksi yang lebih pendek dari novel, biasanya berfokus pada satu konflik utama.

6. Biografi: Kisah hidup seseorang.