Brilio.net - Pramugari memiliki tugas melayani penumpang. Pelayanan tersebut berupa kenyamanan dan menjaga keselamatan penumpangnya. Selain itu, salah satu tugasnya dalam melayani penumpang yaitu menyampaikan pengumuman atau disebut sebagai announcement pramugari. Pengumuman ini biasanya disampaikan oleh pramugari sebelum pesawat lepas landas atau take off.

Announcement pramugari dikenal juga dengan dengan sebutan "announcement flight attendant" atau teks pramugari di pesawat. Biasanya, pengumuman tersebut meliputi kata sambutan untuk para penumpang, rute perjalanan, peraturan keselamatan, dan langkah yang dilakukan ketika pesawat dalam keadaan darurat.

Pengumuman tentang peraturan keselamatan mencakup cara menggunakan sabuk pengaman, menegakkan sandaran kursi, melipat meja, memakai masker oksigen, pintu serta jendela darurat, larangan merokok hingga menyalakan peralatan elektonik, dan menggunakan pelampung disaat pesawat kehilangan kendali. Tidak lupa, announcement yang pramugari sampaikan selalu diikuti dengan peragaan agar penumpang lebih mudah paham.

Bahasa yang digunakan dalam announcement pramugari biasanya menyesuaikan dengan destinasi yang dituju. Misalnya, pesawat dengan destinasi Seoul maka akan menggunakan bahasa Korea, destinasi Palembang maka akan menggunakan bahasa Indonesia, dan lain sebagainya. Meski begitu, pramugari juga tetap menyertakan pengumuman menggunakan bahasa Inggris.

Agar lebih mengetahui bagaimana announcement pramugari itu, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (11/10), contoh teks announcement pramugari bahasa Inggris lengkap dengan artinya.