Struktur dan cara membuat surat resign.

contoh surat resign bahasa Inggris © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Layaknya surat resmi lainnya, surat resign harus dibuat dengan sopan dan baik. Berikut ini struktur dan cara membuat surat resign, diantaranya:

1. Kop surat.

Pada surat resign wajib menyerahkan kop surat atau identitas pengirim surat, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email. Kop surat ditulis di bagian atas surat, biasanya di sebelah kiri atau kanan.

2. Alamat tujuan.

Alamat tujuan berisi nama dan jabatan atasan yang dituju, serta nama dan alamat perusahaan. Alamat tujuan ditulis di bawah kop surat, biasanya di sebelah kiri atau kanan.

3. Salam pembuka.

Salam pembuka ditulis di bawah alamat tujuan, biasanya di sebelah kiri. Salam pembuka pada surat resign bisa kamu isi dengan ungkapan dengan hormat dan sopan kepada atasan yang dituju. Contoh salam pembuka adalah Yth. Bapak/Ibu [nama atasan], atau Dear Mr./Mrs./Ms. [nama atasan].

4. Isi surat.

Isi surat resign menjelaskan tentang informasi keinginan kamu untuk mengundurkan diri, alasan pengunduran diri, ucapan terima kasih, dan tawaran bantuan. Jangan lupa, ketika menulis isi surat tepat di bawah salam pembuka, biasanya di sebelah kiri. Isi surat biasanya terdiri dari tiga paragraf, yaitu:

- Paragraf pertama: Beritahu atasan bahwa ingin mengundurkan diri dari posisi di perusahaan, dan sebutkan tanggal pengunduran diri. Contoh: Dengan surat ini, saya ingin memberitahukan bahwa saya mengundurkan diri dari posisi saya sebagai [jabatan] di [nama perusahaan], efektif mulai dari [tanggal pengunduran diri].

- Paragraf kedua: Jelaskan alasan mengundurkan diri secara singkat dan jelas, tanpa menyinggung atau menjelek-jelekkan perusahaan. Bisa menyebutkan alasan yang bersifat pribadi, profesional, atau lainnya, asalkan alasan tersebut masuk akal dan sopan. Contoh: Alasan saya mengundurkan diri adalah karena saya ingin melanjutkan pendidikan saya di [nama universitas] di [nama negara]. Saya telah menerima beasiswa penuh dari [nama lembaga] untuk menempuh program [nama program].

- Paragraf ketiga: Ucapkan terima kasih kepada atasan atas kesempatan dan pengalaman yang telah diberikan selama bekerja di perusahaan. Bisa menyebutkan hal-hal positif yang didapatkan dari perusahaan, seperti keterampilan, pengetahuan, atau hubungan. Selain itu, tawarkan bantuan untuk membantu proses transisi pekerjaan, seperti menyelesaikan tugas-tugas yang tertinggal, menyerahkan tanggung jawab kepada pengganti, atau memberikan pelatihan atau bimbingan.

5. Salam penutup.

Biasanya salam penutup berupa harapan dan doa kepada atasan dan perusahaan. Salam penutup ditulis di bawah isi surat, biasanya di sebelah kiri. Contoh salam penutup adalah Hormat saya, Atas perhatian dan kerjasama Anda, saya ucapkan terima kasih, atau Sincerely, Thank you for your attention and cooperation.

6. Nama terang dan jabatan.

Pada bagian ini berisi identitas dan posisi pengirim surat, serta tanda tangan. Nama terang dan jabatan ditulis di bawah salam penutup, biasanya di sebelah kanan. Nama terang dan jabatan ditulis dengan huruf kapital dan disertai dengan tanda tangan dan cap instansi.