Brilio.net - Surat pribadi adalah salah satu jenis surat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang dekat dengan kita, seperti keluarga, sahabat, atau kerabat. Surat pribadi biasanya berisi hal-hal yang bersifat pribadi, seperti menanyakan kabar, menyampaikan perasaan, memberitahu sesuatu, atau mengucapkan terima kasih.

Surat pribadi dapat ditulis dalam berbagai bahasa, tergantung pada bahasa yang dikuasai oleh pengirim dan penerima surat. Salah satu bahasa yang sering digunakan untuk menulis surat pribadi adalah bahasa Inggris.

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa yang diajarkan di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia. Oleh karena itu, menulis surat pribadi dalam bahasa Inggris dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kita.

Selain itu, menulis surat pribadi dalam bahasa Inggris juga dapat menjadi salah satu cara untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang tinggal di negara-negara berbahasa Inggris, seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, atau Kanada.

Namun, bagaimana cara menulis surat pribadi dalam bahasa Inggris yang baik dan benar? Apa saja yang harus diperhatikan dalam menulis surat pribadi dalam bahasa Inggris?

Dan bagaimana contoh surat pribadi dalam bahasa Inggris yang sesuai dengan tema yang kita inginkan? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan memberikan beberapa tips dan contoh surat pribadi dalam bahasa Inggris berbagai tema. Simak penjelasan berikut ini yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (13/11)

Cara menulis surat pribadi yang baik dan benar.

Contoh surat pribadi dalam bahasa Inggris © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Untuk menulis surat pribadi yang baik dan benar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Tujuan dan sasaran surat.

Surat pribadi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan pribadi, seperti menanyakan kabar, menyampaikan perasaan, memberitahu sesuatu, atau mengucapkan terima kasih.

Surat pribadi ditujukan kepada orang-orang yang dekat dengan kita, seperti keluarga, sahabat, teman, atau guru. Oleh karena itu, surat pribadi harus disesuaikan dengan tujuan dan sasaran surat, agar isi dan bahasanya tepat dan sesuai.

2. Struktur dan format surat.

Surat pribadi memiliki struktur dan format yang sederhana, yaitu:

- Tempat dan tanggal penulisan surat.

Bagian ini berisi informasi tentang tempat dan waktu penulisan surat, misalnya Jakarta, 10 Juni 2023. Bagian ini ditulis di sudut kanan atas surat.

- Alamat yang dituju.

Bagian ini berisi informasi tentang nama dan alamat penerima surat, misalnya Kepada Sahabatku, Andi di Bandung. Bagian ini ditulis di bawah tempat dan tanggal penulisan surat, dengan jarak satu spasi.

- Salam pembuka.

Bagian ini berisi ucapan salam atau sapaan kepada penerima surat, misalnya Assalamualaikum, Hai Andi, atau Salam kangen. Bagian ini ditulis di bawah alamat yang dituju, dengan jarak satu spasi, dan diakhiri dengan tanda koma.

- Kalimat pembuka.

Bagian ini berisi kalimat yang membuka percakapan, biasanya berisi pertanyaan tentang keadaan penerima surat, misalnya Apa kabar? Semoga kamu sehat selalu. Bagian ini ditulis di bawah salam pembuka, dengan jarak satu spasi, dan diawali dengan huruf kapital.

- Isi surat.

Bagian ini berisi pokok-pokok yang ingin disampaikan oleh pengirim surat, misalnya mengabarkan keadaan, menyampaikan perasaan, memberitahu sesuatu, atau mengucapkan terima kasih.

Bagian ini ditulis di bawah kalimat pembuka, dengan jarak satu spasi, dan dibagi menjadi beberapa paragraf sesuai dengan topik yang dibahas. Bahasa yang digunakan dalam isi surat bersifat bebas, tidak baku, dan akrab, asalkan masih sopan dan jelas.

- Kalimat penutup.

Bagian ini berisi kalimat yang mengakhiri surat, biasanya berisi harapan, doa, atau permintaan kepada penerima surat, misalnya Semoga kita bisa bertemu lagi, Aku mendoakanmu, atau Tolong balas suratku. Bagian ini ditulis di bawah isi surat, dengan jarak satu spasi, dan diawali dengan huruf kapital.

- Salam penutup.

Bagian ini berisi ucapan salam atau sapaan yang menandakan akhir surat, misalnya Wassalamualaikum, Salam sayang, atau Dari sahabatmu. Bagian ini ditulis di bawah kalimat penutup, dengan jarak satu spasi, dan diakhiri dengan tanda koma.

- Nama pengirim surat.

Bagian ini berisi nama lengkap atau nama panggilan pengirim surat, misalnya Rina, Riri, atau Rina Sari. Bagian ini ditulis di bawah salam penutup, dengan jarak satu spasi, dan diawali dengan huruf kapital.

3. Ejaan dan tanda baca.

Surat pribadi harus ditulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, agar mudah dibaca dan dipahami oleh penerima surat. Ejaan yang digunakan adalah ejaan yang disempurnakan (EYD), yang mengikuti kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baku.

Tanda baca yang digunakan adalah tanda titik, koma, tanda tanya, tanda seru, tanda kutip, dan tanda kurung, yang sesuai dengan fungsi dan aturannya.