Brilio.net - Ada satu berkas yang penting ketika seseorang akan melamar kerja yakni curriculum vitae atau CV. Ketika membuat CV yang dibutuhkan adalah adaptabilitas dan relevansi informasi.

Jika CV ditujukan untuk pekerjaan, fokuslah pada pengalaman dan keterampilan yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Sementara jika untuk pendidikan, berilah penekanan pada pencapaian akademis dan proyek-proyek yang relevan.

Nah, agar lamaran kerjamu diterima oleh perusahaan yang kamu incar, ada baiknya kamu mempelajari sebanyak-banyak referensi contoh CV dalan bahasa Inggris. Untuk itu, kamu bisa menyimak artikel berikut ini. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (30/11) ini dia contoh CV dalam bahasa Inggris, lengkap dengan struktur tulisan dan tips dan trik agar menarik.

 Contoh CV dalam bahasa Inggris freepik.com

foto: freepik.com

Pengertian CV

Curriculum Vitae (CV) adalah dokumen yang merinci riwayat hidup seseorang, fokusnya pada pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang dimilikinya. Dalam bahasa Inggris, CV sering disebut sebagai "resume" atau "bio-data". Tujuan utama dari CV adalah memberikan gambaran menyeluruh tentang latar belakang dan kualifikasi seorang individu kepada calon majikan atau pihak yang berkepentingan.

Contoh CV dalam bahasa Inggris umumnya mengikuti struktur standar yang terdiri dari beberapa bagian. Pertama adalah bagian informasi pribadi, mencakup nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Setelah itu, terdapat ringkasan pribadi atau tujuan karier yang memberikan gambaran singkat tentang motivasi dan arah karier yang diinginkan. Kemudian, bagian pendidikan mencakup riwayat pendidikan, termasuk institusi, jurusan, dan tahun kelulusan. Bagian pengalaman kerja merinci pengalaman sebelumnya, sementara bagian keterampilan menyajikan keahlian yang dimiliki.

 Contoh CV dalam bahasa Inggris freepik.com

foto: freepik.com