Brilio.net - Saat menempuh pendidikan mulai dari sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga Perguruan Tinggi tentu kamu telah diperkenalkan dengan salah satu karya sastra puisi. Puisi merupakan salah satu karya sastra yang digemari banyak orang.

Ketika di sekolah, kamu pasti pernah diminta membuat puisi. Dalam membuat puisi memang tidak terlalu sulit, salah satunya dapat kamu simak dalam artikel ini. Termasuk cara membuat puisi tentang pendidikan. Sebab, dalam artikel ini akan disajikan contoh puisi tentang pendidikan yang bisa kamu gunakan sebagai referensi dalam membuat tugas sekolah membuat puisi tentang pendidikan.

Nah, biar kamu tak bingung tentang contoh puisi tentang pendidikan ini, contoh puisi tentang pendidikan tersebut diharapkan dapat memberikan masukan dan menambah wawasan kamu tentang karya sastra yang memiliki keindahan larik dan rimanya. Berikut ulasannya dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (19/5).

Contoh puisi tentang pendidikan © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Pengertian puisi

Puisi adalah bentuk sastra menggunakan bahasa yang indah dan berirama untuk menyampaikan gagasan, perasaan, atau pengalaman dengan cara yang kreatif dan imajinatif. Puisi seringkali memanfaatkan penggunaan ritme, pengulangan kata atau frasa, serta perangkat bahasa lainnya untuk menciptakan efek artistik.

Puisi dapat menggambarkan berbagai subjek, mulai dari perasaan pribadi, alam, cinta, sosial, politik, hingga refleksi tentang kehidupan dan kemanusiaan. Penulis puisi, yang disebut sebagai penyair, menggunakan kata-kata dengan cara yang tidak biasa atau figuratif untuk mengekspresikan makna yang mendalam.

Ciri khas puisi adalah penggunaan bahasa yang padat dan mendalam, pengaturan baris-baris yang teratur atau tidak teratur (vers libre), penggunaan irama atau pola bunyi tertentu, serta struktur yang unik seperti bait, strofa, dan rima. Puisi juga sering kali memanfaatkan imajinasi dan simbol-simbol untuk menggugah perasaan dan membangkitkan pengalaman estetik bagi pembacanya.

Puisi memiliki banyak bentuk dan gaya yang beragam, seperti soneta, haiku, pantun, dan banyak lagi. Melalui kekuatan bahasa dan keindahan penyampaiannya, puisi memungkinkan kamu untuk melihat dunia dengan sudut pandang yang berbeda dan merasakan emosi yang mendalam.

Dalam membuat puisi kamu secara bebas menyusun banyaknya baik. Puisi bisa membuat satu bait, dua bait, tiga bait, atau bahkan 10 bait pun diperbolehkan sesuai dengan cara kamu berekspresi.