Brilio.net - Sejak duduk di bangku sekolah kamu pasti nggak asing lagi dengan naskah drama. Pasalnya naskah drama salah satu sub materi bahasa Indonesia yang kerap sekali muncul dalam ujian sekolah. Tak jarang pula kamu diminta mengerjakan naskah drama tersebut baik untuk kebutuhan tugas sekolah atau bahkan dipentaskan dalam acara sekolah.

Pada prinsipnya mempelajari cara membuat naskah drama dapat memperdalam pemahaman kamu tentang pementasan maupun dunia penulisan yang dinamis. Selain itu, ketika menulis naskah drama tentang sekolah membuat kamu lebih peka terhadap isu yang ada di sekitar sekolah sehingga melatih pola pikir kritis maupun meningkatkan kreativitas yang wajib ada di kehidupan sehari-hari.

Nggak cuma itu, melalui naskah drama, siswa dapat memainkan karakter dan berinteraksi dengan teman sekelas secara aktif sehingga dapat membantu meningkatkan potensi diri, improvisasi, komunikasi, serta kerjasama antar siswa. Contoh naskah drama tentang sekolah ini bertujuan memberikan pemahaman yang mendalam tentang sebuah naskah drama.

Tidak hanya memaparkan sebuah contoh saja tetapi jauh lebih mendalam, yakni memaparkan tentang pengertian, dasar-dasar, unsur, hingga langkah-langkah membuat naskah drama tentang sekolah yang baik dan benar.

Tanpa menunggu lama lagi, yuk simak penjelasan lengkap contoh naskah drama tentang sekolah, pahami cara mudah membuatnya dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (2/3).

Pengertian naskah drama

contoh naskah drama tentang sekolah © 2024 brilio.net

contoh naskah drama tentang sekolah
freepik.com

Naskah drama adalah sebuah teks yang berisikan dialog dengan gambaran karakter-karakter tokoh di dalamnya. Naskah drama berfungsi sebagai naskah sastra (untuk dibaca) atau naskah untuk dipentaskan. Di mana kata “drama” sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti tindakan. Artinya sebuah naskah drama menjadi acuan bagi para aktor dalam pementasan di atas panggung.

Tak jauh berbeda dari itu, naskah drama tentang sekolah merupakan naskah yang mengangkat cerita atau situasi yang terjadi di lingkungan sekolah. Biasanya, cerita dalam naskah drama ini menyoroti kehidupan sehari-hari para pelajar, interaksi antar siswa dan guru, serta berbagai permasalahan yang mungkin terjadi di sekolah.

Oleh karena itu, sebuah naskah drama tentang sekolah dapat menggambarkan berbagai aspek kehidupan di dalam maupun di luar kelas. Misalnya, naskah drama dapat mengangkat tentang persahabatan dan konflik antar siswa, persaingan dalam bidang akademik atau olahraga, kegiatan ekstrakurikuler, bahkan isu-isu sosial yang sering kali menjadi bagian dari kehidupan di sekolah.

Melalui drama, cerita dalam naskah bisa dikemas dengan berbagai jenis adegan antara siswa, guru, serta tokoh-tokoh lain dalam lingkungan sekolah. Tujuan dari naskah drama sendiri adalah untuk menyajikan cerita yang menarik dan menghibur bagi penonton, sekaligus menyampaikan pesan moral maupun nilai-nilai positif yang dapat diambil.