Brilio.net - Setelah melewati masa-masa belajar di sekolah menengah atas (SMA), banyak siswa merasa antusias untuk memasuki dunia pekerjaan. Namun, untuk dapat bersaing dalam pasar kerja yang kompetitif, diperlukan persiapan yang matang. Salah satu langkah awal yang krusial adalah membuat daftar riwayat hidup. Meskipun baru saja lulus dari SMA, memiliki daftar riwayat hidup untuk lulusan SMA yang baik akan memberikan banyak keuntungan dalam mencari pekerjaan.

Daftar riwayat hidup untuk lulusan SMA adalah dokumen pertama yang dilihat calon pemberi kerja tentang dirimu. Ini adalah kesempatan pertama bagimu untuk mempresentasikan diri, pendidikan, keterampilan, dan pengalaman. Meski mungkin belum memiliki pengalaman kerja formal setelah lulus SMA, kamu dapat menyertakan informasi tentang proyek-proyek sekolah, prestasi akademis, atau kegiatan ekstrakurikuler yang menunjukkan kemampuan dan kepribadianmu.

Membuat daftar riwayat hidup untuk lulusan SMA menunjukkan komitmenmu untuk  mencari pekerjaan. Ini menunjukkan bahwa kamu serius dalam menjalani perjalanan karier dan siap untuk mengambil tanggung jawab baru. Langkah ini juga mencerminkan keberanian untuk mencoba hal baru dan melangkah keluar dari zona nyaman.

Lalu, bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup untuk lulusan SMA? Buat kamu yang bingung, berikut ini contoh daftar riwayat hidup untuk lulusan SMA yang bisa jadi acuan dalam mencari pekerjaan pertama. Seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (11/8).