Brilio.net - Curriculum Vitae (CV) merupakan salah satu komponen penting bagi mereka yang ingin melamar pekerjaan. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang fresh graduate atau baru lulus kuliah.

Ya, CV sendiri merupakan rangkuman yang memuat informasi diri, sekaligus menjadi personal branding bagi seseorang. CV memuat berbagai informasi mulai dari biodata diri, latar belakang pendidikan, riwayat organisasi, riwayat kerja, pengalaman kerja, dan sebagainya.

Pada praktiknya, para pencari kerja memiliki beragam opsi dalam membuat CV. Mereka dapat memanfaatkan berbagai macam software, mulai dari Microsoft Office, Photoshop, CorelDraw maupun software open source lainnya.

Selain software yang dapat diakses melalui PC maupun laptop, saat ini tersedia berbagai platform aplikasi untuk membuat CV yang dapat diunduh dari Play Store. Para pencari kerja dapat lebih mudah dalam membuat CV yang menarik, dengan cara yang lebih praktis.

Penasaran apa saja sih aplikasi pembuat CV? Berikut ulasan brilio.net tentang 9 rekomendasi aplikasi pembuat CV yang tersedia di Play Store dikutip dari berbagai sumber, Senin (17/1).

1. Resume Builder

Aplikasi CV istimewa

foto: Play Store/Resume Builder

Aplikasi ini dapat membantumu menyusun CV hanya dalam beberapa menit. Aplikasi ini juga menyediakan lebih dari 50 template yang tersedia dalam 15 warna, sehingga kamu bisa memilih warna kesukaanmu.

2. Resume Builder & CV Maker -PDF

Aplikasi CV istimewa

foto: Play Store/Resume Builder & CV Maker -PDF

Aplikasi kedua yang layak dicoba adalah Resume Builder & CV Maker -PDF. Aplikasi milik Mobotechnology Inc ini memberikan kesempatan untuk membuat CV profesional dalam waktu yang singkat. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 100 format template dengan lebih dari 250 pilihan Cover Letter. Bahkan, aplikasi ini juga tersedia pada lebih dari 30 bahasa.

3. Lamaranku: Resume & Application Letter builder

Aplikasi CV istimewa

foto: Play Store/Lamaranku: Resume & Application Letter builder

Selanjutnya, kamu juga dapat mencoba aplikasi bernama Lamaranku: Resume & Application Letter builder ini. Aplikasi yang dirilis oleh Labuhan Digital ini juga menyediakan fitur yang beragam. Selain template, aplikasi ini memiliki fitur untuk membuat surat lamaran kerja.

Aplikasi ini juga easy user atau mudah untuk digunakan karena kamu hanya perlu drag and drop. Selain itu kamu juga dapat melihat preview-nya secara langsung.

4. CV Maker, Resume Builder and Resume Templates

Aplikasi CV istimewa

foto: Play Store/CV Maker, Resume Builder and Resume Templates

Aplikasi selanjutnya adalah CV Maker, Resume Builder and Resume Templates. Aplikasi ini mampu memperoleh rating 4,9 dari 5 angka di Play Store. Pengguna dapat memilih template gratis. Aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk membuat, mengedit, mencetak pratinjau resume dalam dokumen PDF serta dapat membagikannya melalui email, dropbox, google drive dan sebagainya.

5. CV | Curriculum vitae

Aplikasi CV istimewa

foto: Play Store/CV | Curriculum vitae

Melalui aplikasi ini, kamu dapat membuat CV hanya dalam 3 langkah. Aplikasi ini easy user dan menyediakan desain template yang selalu diupdate setiap harinya. Aplikasi ini pun memiliki fitur tautan yang dapat diakses dalam bentuk pdf. Ia juga tersedia dalam 11 bahasa.

6. Cv Creator

Aplikasi CV istimewa

foto: Play Store/Cv Creator

Aplikasi ke-6 yang layak dicoba adalah Cv Creator. Aplikasi ini menawarkan fitur pembuat CV hanya dalam 5 menit. Mereka juga menyediakan beragam template profesional dan contoh Cover Letter yang bisa kamu akses.

Bahkan, melalui aplikasi ini kamu juga dapat membuat CV dalam 6 bahasa. Aplikasi ini juga cukup ringan karena hanya berukuran 7,9 MB di Play Store.

7. CV Maker 2021 : Resume Maker

Aplikasi CV istimewa

foto: Play Store/CV Maker 2021 : Resume Maker

CV Maker 2021 : Resume Maker merupakan aplikasi yang dirilis oleh Sparks Studio. Dengan aplikasi ini kamu juga dapat membuat CV sesingkat mungkin.

Aplikasi ini dapat membuat CV mu menjadi lebih menarik dan eye catching. Kamu juga dapat menyimpannya dalam berbagai format. Selain CV, aplikasi ini menyediakan fitur untuk membuat cover letter.

8. Resume Builder - CV Engineer

Aplikasi CV istimewa

foto: Play Store/Resume Builder - CV Engineer

Aplikasi yang selanjutnya, Resume Builder - CV Engineer merupakan alternatif lain bagi kamu yang ingin membuat CV. Resume Builder - CV Engineer merupakan aplikasi yang sederhana dan gratis.

Kamu akan disediakan opsi pengeditan yang mudah dengan template yang tidak kalah bervariasi. Aplikasi ini juga tersedia dalam dark mode, sehingga kamu dapat menentukan interface yang sesuai dengan keinginan. Aplikasi ini memperoleh rating 4,5 oleh lebih dari 4.000 user di Play Store.

9. Resume Builder CV Maker App

Aplikasi CV istimewa

foto: Play Store/Resume Builder CV Maker App

Aplikasi ke-9 yang patut untuk kamu gunakan adalah Resume Builder CV Maker App. Aplikasi ini easy user dan kamu dapat memilih template sesuai yang diinginkan.

Kamu dapat menyusun pengalaman kerja, pendidikan, Hobi, Referensi, dan sebagainya. Template resume yang disediakan juga unik dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Reporter: Ferdian Ahya Al Putra