Brilio.net - Sarana komunikasi digital manusia sangat dibutuhkan saat ini. Pasalnya, berkomunikasi secara virtual atau online dapat memudahkan dan membuat komunikasi semakin efektif. Maka dari itu, banyak bermunculan aplikasi chatting yang tersedia pada smartphone.

Bila zaman dahulu mengirimkan pesan menggunakan SMS, kini aplikasi-aplikasi chatting yang sangat populer seperti Telegram, Messenger, LINE, Getcontact, hingga WhatsApp Business memudahkan pengguna dalam mengirimkan pesan dengan cepat, selagi terkoneksi dengan internet. Apalagi, aplikasi yang sudah memiliki pengguna sebanyak lebih dari lima miliar orang seperti WhatsApp. Tentu, banyak fitur-fitur baru yang dikembangkan guna mempermudah penggunanya dalam bertukar pesan.

Namun apa saja aplikasi chatting terbaik yang kerap digunakan orang-orang di seluruh penjuru dunia? Daripada semakin penasaran dirangkum brilio.net dari beragam sumber pada Rabu (12/1), berikut aplikasi chatting terbaik yang bisa kamu andalkan untuk bertukar pesan via online dengan cepat dan praktis:

1. WhatsApp

Aplikasi chatting © 2022 brilio.net

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Play Store

Sebagai warga Indonesia tentu sudah nggak asing dengan aplikasi chatting yang satu ini kan? Yup, dengan pengunduh lebih dari lima miliar, WhatsApp menjadi aplikasi pertama yang sangat populer untuk mengirimkan pesan. Dengan pengguna dari generasi X, Y, Z, hingga baby boomers pun menggunakan aplikasi ini karena selain chatting, pengguna dapat mengirim foto, lagu, dokumen, stiker, hingga video call.

2. Messenger

Aplikasi chatting © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan aplikasi chatting besutan Facebook bernama Messenger. Menjadi saingan sengit WhatsApp, Messenger juga tak kalah soal pengunduhnya yang juga mencapai lebih dari lima miliar pengguna. Di aplikasi ini, kamu dapat memanfaatkan fitur seperti mengirimkan pesan teks, suara, video, hingga obrolan video grup tak terbatas.

3. LINE

Aplikasi chatting © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi chatting yang tak kalah terkenal selanjutnya adalah LINE. Aplikasi LINE aktif di Indonesia dengan pengguna kebanyakan mahasiswa maupun siswa-siswi. Untuk chatting lebih nyaman, LINE mengadakan fitur tema yang dapat dikostumisasi, panggilan audio, video, emoji, hingga stiker yang beragam.

4. Telegram

Aplikasi chatting © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi bernama Telegram. Dengan aplikasi ini, kamu dapat membuat ID yang mana digunakan untuk mempermudah teman-teman kamu menambahkan kamu sebagai teman. Tak hanya untuk chatting, Telegram juga menyediakan fitur bot di mana kamu dapat streaming film maupun drakor secara gratis. Cukup keren, kan?

5. WeChat

Aplikasi chatting © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Berikutnya, kamu juga dapat mengandalkan aplikasi chatting bernama WeChat. Bagi kamu yang hobi chatting dengan teman baru, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi ini. Pasalnya, WeChat memiliki fitur Radar untuk memudahkan pengguna dalam mencari teman baru dengan hanya menggerakkan ponsel pintar saja.

6. Discord

Aplikasi chatting © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi chat untuk para gamer? Discord jawabannya. Selain digunakan sebagai aplikasi chatting, Discord juga menyediakan fitur untuk memulai obrolan suara, video, teks, hingga streaming saat bermain game. Dengan demikian, pengalaman nge-game kamu bersama teman semakin asyik, kan?

7. Viber

Aplikasi chatting © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Selain itu, aplikasi chatting yang terkenal selanjutnya adalah Viber. Dengan pengunduh sebanyak lebih dari 500 juta, Viber dipercaya pengguna sebagai aplikasi chatting untuk melakukan panggilan video grup. Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat grup dengan anggota mencapai 250 orang lho. Selebihnya, kamu dapat mengirimkan pesan teks, stiker, GIF, video, hingga gambar melalui aplikasi ini.

8. WhatsApp Business

Aplikasi chatting © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Cabang dari WhatsApp untuk penggunanya yang hendak berbisnis online, WhatsApp Business juga merupakan aplikasi chatting andal yang patut kamu coba. Bila kamu seorang penjual, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk membantu berkomunikasi secara efisien dengan pelanggan.

9. Getcontact

Aplikasi chatting © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi Getcontact lebih kerap dikenal untuk mengetahui ID penelpon walaupun nomor tak tersimpan di kontak anda. Melalui Getcontact, kamu bisa mengetahui bahwa nomor yang menghubungi kamu adalah nomor terpercaya atau tidak. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai mengirimkan pesan in-app lho.

10. Hangouts

Aplikasi chatting © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi chatting besutan Google bernama Hangouts juga cukup ampuh untuk kamu bertukar pesan via online dengan teman-teman. Dengan pengunduh lebih dari lima miliar pengguna di Play Store, Hangouts memiliki beragam fitur seperti membuat grup dengan anggota mencapai 150 orang, bisa mengirimkan teks, dan gambar.

11. Skype

Aplikasi chatting © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Berikutnya, Skype juga merupakan aplikasi chatting yang terkenal. Tersedia sudah lama di laptop yang dikenal sebagai aplikasi video chat, Skype sudah tersedia di smartphone dengan fitur chat yang beragam. Salah satu fiturnya yang menarik adalah kamu dapat membuat panggilan ke 50 orang sekaligus.

12. Slack

Aplikasi chatting © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Selanjutnya, kamu bisa memilih aplikasi Slack sebagai aplikasi chatting pilihan. Kebanyakan digunakan sebagai aplikasi chatting profesional, kamu dapat berbincang mengenai soal perkantoran seperti proyeksi maupun topik lain yang menyangkut pekerjaan kamu. Selain itu, kamu dan rekan-rekan kerja yang sudah mendapat izin dapat mengelola suatu dokumen secara bersama-sama melalui aplikasi ini.

13. MiChat

Aplikasi chatting © 2022 brilio.net

foto: Play Store

Yang terakhir, kamu dapat menggunakan aplikasi bernama MiChat untuk keperluan chatting dengan teman maupun keluarga. Tak hanya itu, aplikasi MiChat juga ada fitur untuk kamu yang hendak mendapatkan teman baru menurut lokasi kamu berada. Berbagai fitur menarik terdapat di aplikasi ini seperti fitur Moments untuk membagikan konten seru bersama teman-teman serta Trending Chats untuk menemukan pengguna yang memiliki minat atau obrolan topik yang sama.

(brl/lea)

(brl/lea)