Brilio.net - Seperti diketahui, backup data adalah aktivitas atau proses menduplikasi dan menyalin suatu data dari satu perangkat ke media penyimpanan kedua. Dalam hal ini, kita membahas salinan data dari WhatsApp ke Google Drive.

Mem-backup data di mana pun menjadi langkah yang tepat untuk melindungi berkas atau data yang dimiliki. Ketika sesuatu dan lain hal menyebabkan kerusakan pada perangkat, data-data menjadi aman dan tetap bisa digunakan meski berpindah perangkat.

Sama halnya dengan WhatsApp, pengguna harus bisa menyempatkan waktunya untuk mencadangkan berkas, foto, video, serta semua obrolannya kalau-kalau perangkat hilang, rusak, atau terjadi error lainnya. Cadangan WhatsApp bisa digunakan untuk memulihkan percakapan dan histori pesan WhatsApp jika pengguna menggunakan smartphone baru atau menghapus data WhatsApp dari perangkat (misalnya dengan reset ke setelan pabrik).

Untuk mengetahui cara mem-backup data WhatsApp ke Google Drive, ini 7 langkah mudahnya yang brilio.net kumpulkan dari berbagai sumber pada Rabu (13/10).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

7 Langkah backup data WhatsApp di Google Drive berbagai sumber

foto: ilustrasi

1. Buka aplikasi WhatsApp seperti biasa.

2. Pada bagian atas, klik titik tiga lalu pilih pengaturan.

3. Pilih menu Chat lalu pilih Chat Backup.

4. Setelah itu, pilih Cadangkan ke Google Drive.

5. Lakukan pengaturan frekuensi pencadangan, pilih akun Google, lalu izinkan (Allow).

6. Ketika akun WhatsApp sudah terhubung dengan Google Drive, langsung klik Backup.

7. Tunggu hingga proses backup selesai. Secara otomatis, semua pesan akan di-backup ke Google Drive.

Perhatikan juga bahwa proses backup bisa saja gagal. Hal ini bisa disebabkan oleh koneksi internet yang buruk atau tiba-tiba putus. Jika WhatsApp tidak mendeteksi adanya cadangan secara otomatis, bisa jadi karena tidak terhubung dengan akun Google yang sama. Bisa juga disebabkan oleh penggunaan nomor ponsel yang tidak sama dengan nomor yang digunakan untuk membuat backup. Yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa akun Google atau nomor ponsel harus sama agar semua pesan lama bisa dipulihkan dan diakses lagi.

(brl/guf)