Isi daftar riwayat hidup.

daftar riwayat hidup untuk lulusan SMA © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Sebelum membuat daftar riwayat hidup untuk lulusan SMA, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dan kamu isi dalam daftar riwayat hidup. Hal ini untuk membangun kesan positif kepada pihak yang akan membaca lamaran kerja.

1. Informasi kontak.

Mulai CV kamu dengan mencantumkan informasi kontak yang jelas dan terbaru. Sertakan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat surel yang aktif. Pastikan informasi ini mudah diakses oleh pihak yang akan melihat CV.

2. Pernyataan tujuan.

Kamu dapat menyertakan pernyataan singkat tentang tujuan dalam mencari pekerjaan atau melanjutkan pendidikan. Pernyataan ini sebaiknya relevan dengan bidang yang kamu minati dan memberikan gambaran mengapa kamu tertarik pada pekerjaan atau program studi tersebut.

3. Informasi pendidikan.

Mulai bagian ini dengan mencantumkan informasi tentang latar belakang pendidikanmu. Tuliskan nama sekolah, lokasi, tahun lulus, dan program studi yang kamu ambil. Jika kamu memiliki prestasi akademik atau kegiatan ekstrakurikuler yang relevan, sebutkan juga di bagian ini.

4. Cantumkan pengalaman kerja jika ada.

Meskipun hanya lulusan SMA, jika kamu memiliki pengalaman kerja sebelumnya, baik dalam bentuk magang, pekerjaan paruh waktu, atau proyek-proyek tertentu, cantumkan dengan rinci di bagian ini. Sebutkan nama perusahaan, posisi atau jabatan, tanggal mulai dan berakhir, serta tugas atau tanggung jawab yang kamu emban.

daftar riwayat hidup untuk lulusan SMA © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

5. Isi dengan keterampilan.

Tuliskan keterampilan yang dimiliki dan relevan dengan pekerjaan atau program studi yang kamu lamar. Keterampilan ini dapat mencakup keterampilan teknis (misalnya, penggunaan perangkat lunak tertentu), bahasa asing yang dikuasai, atau keterampilan interpersonal.

6. Kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi.

Jika kamu aktif dalam kegiatan di sekolah atau di luar sekolah, sebutkan dengan jelas kegiatan-kegiatan tersebut. Ini bisa termasuk partisipasi dalam klub, organisasi, proyek sosial, atau kegiatan seni dan olahraga. Prestasi dalam bidang apapun juga sebaiknya dicantumkan untuk menunjukkan dedikasi dan komitmenmu.

7. Hobi dan minat pribadi.

Sekarang ini, banyak perusahaan juga tertarik untuk mengetahui minat pribadi di luar lingkup akademik. Tuliskan hobi atau minat yang dapat mencerminkan sifat kepribadianmu, tetapi pastikan juga relevan dengan citra profesional.

8. Tata letak dan tampilan.

Pastikan CV memiliki tata letak yang rapi dan mudah dibaca. Gunakan format yang konsisten, font yang mudah dibaca, dan berikan penekanan visual pada bagian-bagian yang paling penting. Hindari penggunaan font yang terlalu aneh atau dekoratif.

9. Penyuntingan dan koreksi.

Sebelum mengirimkan CV, pastikan untuk melakukan penyuntingan dan koreksi tata bahasa, ejaan, dan tata letak. Satu kesalahan kecil dapat memberikan kesan yang buruk kepada perekrut atau pihak yang menerima CV.