Brilio.net - Sebagai siswa sudah sepatutnya kamu melakukan amal saleh. Lantas apa yang dimaksud dengan amal saleh? Amal saleh merupakan perbuatan baik yang dilakukan seseorang. 

Dalam Islam, amal saleh adalah perbuatan yang sangat dianjurkan. Amal saleh erat kaitannya dengan kebaikan. Di mana kata 'amal' berarti perbuatan atau tindakan. Sementara itu, kata 'saleh' berarti segala sesuatu perbuatan baik yang diperintahkan Tuhan kepada manusia dan seluruh makhluk-Nya.

Dalam hal ini, amal saleh di sekolah adalah tindakan baik yang dilakukan oleh siswa, guru, atau pihak sekolah lainnya yang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya. Amal saleh dapat berupa kegiatan sosial, kegiatan lingkungan, kegiatan pendidikan, atau kegiatan lainnya yang dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan di sekolah atau di masyarakat sekitarnya.

Contoh amal saleh di sekolah yang patut dilakukan siswa © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Selain itu, amal saleh secara sederhana dapat kamu lakukan dengan hal-hal kecil, misalnya membantu teman sekolah ketika mengalami kesulitan atau sekadar menyingkirkan paku atau duri di tengah jalan agar tak mengganggu orang.

Tidak hanya itu, amal saleh di sekolah dapat dilakukan oleh siswa sebagai wujud partisipasi aktif mereka dalam memajukan lingkungan sekolah dan meningkatkan kualitas kehidupan di sekitarnya. Amal saleh ini dapat berupa kegiatan sukarela seperti membantu membersihkan lingkungan sekolah, mengikuti program donasi buku atau donasi pakaian, menjadi relawan di organisasi sosial atau program amal lainnya, atau membuat karya seni atau produk-produk kreatif yang kemudian dijual untuk kegiatan amal.

Ternyata jika ditelusuri amal saleh ini memiliki banyak contoh dan manfaatnya. Apa saja? nah berikut contoh amal saleh yang patut dilakukan oleh siswa, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (11/5)