4. Investasikan dana kamu

Cara menabung uang untuk masa depan © 2024 brilio.net

Cara menabung uang untuk masa depan
freepik.com

Selain menabung, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam instrumen keuangan yang sesuai dengan profil risiko kamu, seperti reksa dana atau saham. Berinvestasi dengan barang yang dapat dipertimbangkan nilainya di masa depan juga bisa jadi satu pilihan. Barang yang umum digunakan sebagai cara menabung uang adalah emas.

5. Cari bantuan orang kepercayaanmu

Cara menabung uang untuk masa depan © 2024 brilio.net

Cara menabung uang untuk masa depan
unsplash.com

Jika merasa kesulitan mengelola keuangan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan penasihat keuangan yang dapat membantu kamu membuat rencana keuangan yang sesuai dengan tujuan kamu. Penasihat keuangan yang disarankan bukan berarti kamu harus membayar ahli, tetapi bisa dengan orang yang memang memiliki pengalaman dalam menabung lebih banyak denganmu. Penasihat biasanya bisa dari orang tua, keluarga, senior, bahkan temanmu sendiri yang lebih dipandang mampu secara finansial.

6. Sempatkan membuat tabungan darurat

Cara menabung uang untuk masa depan © 2024 brilio.net

Cara menabung uang untuk masa depan
pixabay.com

Membuat dana darurat yang terpisah dari tabungan reguler perlu dipertimbangkan. Dana darurat ini harus cukup untuk menutup biaya hidupmu selama beberapa bulan jika terjadi keadaan darurat, seperti kehilangan pekerjaan atau kecelakaan. Buat prinsip untuk dirimu kalau tabungan darurat benar-benar tidak kamu pakai untuk kehidupan sehari-hari.

Menabung uang membutuhkan disiplin dan komitmen, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, Kamu dapat membangun kekayaan dari waktu ke waktu. Kunci dari kesuksesan menabung uang tergantung pada dirimu sendiri, bagaimana kamu menjaga kedisiplinan dalam menabung, dan ketekunan dalam menghasilkan uang.

Magang: Robiul Adil Robani