Brilio.net - Menabung merupakan suatu tindakan yang sangat penting bagi kehidupan kita. Pertama-tama, menabung membantu kamu menghadapi masa depan dengan lebih siap. Dengan menabung, kamu bisa menyimpan uang untuk kebutuhan mendesak atau untuk merencanakan masa depan yang lebih baik, seperti membeli rumah atau mempersiapkan pendidikan anak-anak.

Kedua, menabung membantu kamu menghadapi situasi darurat tanpa harus terlilit hutang. Ketika kamu mengalami keadaan tak terduga, seperti sakit atau kehilangan pekerjaan, tabungan yang telah terkumpul dapat menjadi penyelamat yang memberikan kestabilan finansial dan menghindarkan kamu dari tekanan finansial yang berlebihan.

Selanjutnya, menabung juga memperkenalkan kamu pada konsep pengelolaan uang yang bijaksana. Dengan membiasakan diri menabung secara teratur, kamu belajar untuk mengontrol pengeluaran dan memprioritaskan kebutuhan. Hal ini membantu kamu membangun kebiasaan yang baik dalam mengelola keuangan, yang akan membawa manfaat jangka panjang bagi kehidupan finansial kita.

Nah, untuk bisa memiliki kebiasaan menabung, kamu juga perlu suntikan motivasi berupa kata-kata bijak pentingnya menabung. Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (13/2), ini dia 100 kata-kata bijak pentingnya menabung, inspiratif cocok untuk motivasi mengelola keuangan.

Kata-kata bijak tentang pentingnya menabung.

Kata-kata pentingnya menabung © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

1. "Fungsi dari menabung bukan untuk kaya tetapi untuk keperluan yang mendesak."

2. "Jangan menabung apa yang tersisa, tapi habiskan apa yang tersisa setelah menabungnya." – Warrant Buffet.

3. "Jika kamu ingin kaya, tabunglah apa yang kamu dapat. Orang bodoh bisa menghasilkan uang, tetapi dibutuhkan orang bijak untuk menabung dan menghabiskan uang untuk keuntungannya sendiri." – Brigham Young

4. "Kamu harus belajar tentang menabung terlebih dahulu sebelum menghabiskannya." – John Poole

5. "Kebiasaan menabung itu sendiri adalah sebuah edukasi. Itu memupuk setiap kebajikan, mengajarkan pengorbanan diri, menanam ketertiban akal, melatih perencanaan, dan oleh karena itu memperluas pikiran." – TT Munger

6. "Menabunglah untuk masa depanmu."

7. "Menabunglah untuk mencapai keinginan-keinginanmu."

8. "Ratakan dompet kamu. Jika kamu mendapat Rp 100 ribu, simpan setidaknya Rp 20–30 ribu."

9. "Secara definisi, menabung mengharuskan kita untuk tidak membeli sesuatu sekarang, jadi kita bisa mendapatkan sesuatu yang lebih besar nanti." – Jean Chatzky

10. "Segala sesuatu bukan hanya tentang seberapa banyak uang mu, tetapi seberapa banyak kamu dapat menabung."

11. "Tabunglah sedikit uang tiap bulan dan di akhir tahun kamu akan terkejut betapa sedikitnya yang kamu punya." – Ernest Haskins

12. "Tidak menghabiskan uang adalah cara terbaik untuk menabung."

13. "Uang yang ditabung adalah uang yang dihasilkan." – Benjamin Franklin

Kata-kata bijak tentang pentingnya perencanaan keuangan.

Kata-kata pentingnya menabung © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

14. "Bukan seberapa banyak orang menghasilkan uang, melainkan untuk tujuan apa uang itu digunakan." (John Ruskin)

15. "Perencanaan keuangan memberi tahu kamu kemana uangmu akan digunakan, bukan membuat kamu penasaran kemana uangmu sudah digunakan." (Dave Ramsey)

16. "Filosofi orang kaya dan miskin adalah bahwa orang kaya menginvestasikan uang dan menghabiskan sisanya, sementara orang miskin akan menghabiskan uang dan menginvestasikan sisanya." – Robert T Kiyosaki.

17. "Hemat bukan berarti murah! Itu berarti ekonomis dan menghindari pemborosan." – Catherine

18. "Banyak orang menghabiskan uang yang mereka kumpulkan untuk membeli barang yang tidak mereka inginkan, untuk membuat terkesan orang yang tidak mereka suka." (Will Rogers)

19. "Mendapatkan uang seperti menggali dengan jarum. Menghabiskan uang seperti air meresap ke pasir."

20. "Hemat juga termasuk dalam perbuatan kebajikan."

21. "Investasikan lagi keuntungan yang diperoleh untuk membangun aset dengan berinvestasi pada properti lainnya dan bukan membeli barang konsumtif." – Joe Hartanto

22. "Jika kita menguasai kekayaan kita, kita akan kaya dan merdeka. Jika kekayaan kita menguasai kita, kita memang miskin." – Edmund Burke

23. "Jika orang kaya itu mempunyai banyak uang, maka orang miskin mempunyai banyak waktu luang."

24. Penghasilan kita seperti sepatu: jika terlalu kecil, mereke menjepit kita. Tetapi jika terlalu besar, mereka membuat kita tersandung dalam perjalanan. (Charles Caleb Colton)

25. "Kaya bukanlah tentang seberapa banyak uang yang kita peroleh, melainkan tentang seberapa baik kita mengelola uang tersebut." – Noel Whittaker.

26. "Kekayaan bukan berarti memiliki harta yang banyak, tetapi memiliki sedikit keinginan." - Epictetus

27. "Orang kaya berfikir panjang. Mereka menyeimbangkan pengeluaran untuk bersenang-senang pada hari ini dengan investasi demi kebebasan di masa depan." – T Harv Eker

28. "Orang miskin hanya kerja keras dan menghambur-hamburkan uang, tapi orang yang kaya akan bekerja keras, menabung uangnya untuk berinvestasi, sehingga mereka tidak pernah bekerja lagi."

29. "Jika kamu benar-benar bisa menghitung uang mu, maka kamu bukan orang kaya." (J Paul Getty)

30. "Tidak ada hal yang begitu membentuk kebiasaan selain uang." (Don Marquis)

31. "Orang yang dapat mengendalikan arus kas adalah orang yang memiliki kekuatan." – Mark W Boyer.

32. "Uang adalah hamba yang baik, namun ia adalah tuan yang buruk." (Francis Bacon)

33. "Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya."

34. "Seringkali, semakin banyak uang yang kamu hasilkan, semakin banyak pengeluaranmu. Alasan tersebutlah yang menjadi penyebab uang yang kamu miliki tersebut tidak bisa membuat kamu kaya, namun yang membuat kamu kaya adalah aset." – Robert T Kiyosaki.

35. "Cara teraman untuk menggandakan uangmu adalah melipatnya sekali dan memasukkannya ke dalam sakumu."

36. "Gaji tidak membuat kamu kaya, tetapi investasi bisnis bisa melakukannya."

37. "Jika kamu ingin kaya, pikirkanlah menabung dan menghasilkan." – Benjamin Franklin

38. "Kendalikan pengeluraanmu, berhemat adalah cara terbaik untuk meraih tujuan keuangan."

39. "Uang tidak pernah membodohi siapa pun, melainkan hanya menunjukkan siapa kita." (Elbert Hubbard)

40. "Waktu lebih berarti daripada uang. Kamu dapat mendapatkan lebih banyak uang, tetapi Kamu tidak dapat mendapatkan lebih banyak waktu." (Jim Rohn)