Brilio.net - Menabung adalah kebiasaan yang bijaksana, terutama ketika kita ingin memiliki dana darurat yang siap digunakan saat dibutuhkan. Kalau kamu sebagai orang yang sedang merantau kamu bisa menabung dari nominal berapun sesuai jumlah yang ingin kamu capai di tabungan kamu.

Ada beberapa cara menabung bagi kamu yang ingin memulainya dari sekarang, karena kamu tidak akan tahu kapan kamu membutuhkan uang secara tiba-tiba, apalagi ketika memasuki akhir bulan. Biasanya sebagian besar dari kamu mengalami kekurangan uang karena belum dapat transferan dari orang tua atau gaji dari kantor belum turun juga. Kali ini, brilio.net mengajak kamu untuk tahu cara menabung uang dengan baik agar finansial kamu terselamatkan.

Jika kamu ingin menabung tidak ada ketentuan berapa besar yang harus kamu tabung setiap harinya, kamu bisa menyisihkan sisa uang harian kamu atau mencoba menghemat setiap berapa hari sekali jika kamu belum terbiasa. Tapi ternyata kamu juga bisa menabung uang jajan kamu dalam sehari sebagai cadangan kebutuhan finansial kamu, nominal yang bisa kamu pakai untuk menabung uang jajan adalah 5000 rupiah, tidak terlalu besar atau kecil nominalnya.

Kamu hanya perlu konsisten dan jangan curang ketika menabung agar kamu bisa mendapatkan jumlah uang yang kamu inginkan. Dengan nenabung uang jajan nominal 5000 rupiah, kamu bisa mencapai tabungan hingga jutaan rupiah, loh! Buat kamu yang sudah siap untuk menabung, brilio.net sudah menghimpun dari berbagai sumber agar akhir bulanmu tidak kacau, Selasa (13/2).

1. Menentukan target

Cara menabung uang jajan 5000 dengan mudah © Freepik


foto: Freepik/@waewkidja

Jika kamu ingin mulai menabung uang jajan dengan nominal 5000 rupiah, langkah pertama yang harus kamu lakukan ada menentukan target menabungmu jangan sampai asal-asalan biar tabungan kamu terus bertambah. Kamu bisa menargetkan tabungan kamu selama 3-6 bulan ke depan baru bisa kamu pakai uangnya, jika belum memenuhi waktu tersebut maka tidak boleh dipakai. Jangka waktu tersebut dipakai juga untuk perhitungan jumlah tabungan yang kamu dapat setiap bulannya, sehingga kamu bisa tahu apa yang ingin kamu beli dengan nominal yang didapat.

2. Membuat priority list

Cara menabung uang jajan 5000 dengan mudah © Freepik

foto: Freepik

Sangat penting untuk membuat priority list ketika menabung uang jajan 5000, jika kamu sudah membuat priority list kamu bisa tahu mana yang harus kamu utamakan dan butuhkan. Hal ini agar kamu tahu dan bisa membedakan mana barang yang hanya kamu inginkan dan mana barang yang benar-benar kamu butuhkan. Sangat berpengaruh dalam proses menabungmu.

3. Jangan hanya menabung sisa uang jajan

Cara menabung uang jajan 5000 dengan mudah © Freepik

foto: Freepik/@jcomp

Untuk beberapa orang pasti lebih memilih menabung sisa uang jajan daripada langsung menyisihkan semua uang jajan untuk ditabung. Padahal jika kamu bisa langsung mengalokasikan uang 5000 ke tabungan kamu sama saja kamu sedang membuat tabunganmu stabil setiap harinya. Menabung sisa uang jajan bersifat tidak menentu, terutama dengan nominal yang tersisa, kadang malah tidak tersisa sedikitpun sehingga tidak jadi menabung.