Brilio.net - Membayar pajak kendaraan bermotor adalah kewajiban yang harus kamu penuhi sebagai warga negara Indonesia. Pembayaran pajak ini bertujuan untuk mendukung pendanaan pemerintah dalam menjalankan berbagai program dan pelayanan masyarakat. Meski begitu, banyak pemilik kendaraan bermotor yang kadang lupa membayar pajak karena tak ada waktu untuk datang ke kantor Samsat.

Untungnya, sekarang ada fasilitas yang lebih mudah untuk membayar pajak kendaraan, tanpa harus datang dan mengantre ke Samsat. Salah satu caranya yakni membayar pajak motor melalui Indomaret. Indomaret memang dikenal sebagai salah satu gerai yang mudah ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Selain menyediakan kebutuhan sehari-hari, Indomaret juga menyediakan layanan transaksi untuk pelanggan. Salah satunya yaitu jasa membayar pajak motor.

Membayar pajak motor di Indomaret tentu menjadi solusi tepat buat kamu yang memiliki jadwal padat. Apalagi, gerai semacam Indomaret kini tersebar ke pelosok Indonesia yang membuat kamu semakin mudah dalam membayar pajak tanpa harus pergi ke Samsat. Agar bisa membayar pajak motor di Indomaret, kamu tentu perlu mengikuti prosedur yang sudah ditentukan.

membayar pajak motor di Indomaret © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Lalu apa saja cara dan syarat untuk membayar pajak motor di Indomaret? Berikut telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/8).

Cara membayar pajak motor di Indomaret dengan praktis.

1. Persiapan dokumen yang disyaratkan

Sebelum membayar pajak motor di Indomaret, pastikan kamu telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti:

- KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli,
- BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) asli,
- STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) asli,
- Nomor polisi kendaraan,
- Nomor HP aktif,
- Jumlah pajak yang harus dibayar (biasanya tertera pada lembar tagihan pajak).

2. Kunjungi Indomaret terdekat

Cari Indomaret terdekat dari lokasi kamu. Indomaret adalah salah satu minimarket yang menyediakan layanan pembayaran pajak kendaraan, termasuk motor. Kamu dapat menggunakan fitur pencarian di aplikasi atau situs web Indomaret untuk menemukan lokasi yang paling sesuai.

membayar pajak motor di Indomaret © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

3. Langsung ke kasir

Setibanya di Indomaret, temui petugas kasir dan informasikan bahwa kamu ingin membayar pajak motor di Indomaret. Berikan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti BPKB dan STNK kepada petugas. Mereka akan memproses pembayaran kamu berdasarkan data yang tercantum dalam dokumen-dokumen tersebut.

4. Informasikan nomor polisi dan jumlah pajak

Sampaikan juga kepada petugas kasir nomor polisi kendaraan dan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Pastikan kamu memberikan informasi yang akurat untuk menghindari kesalahan dalam proses pembayaran.