Apa itu Kartu Prakerja?

Cara daftar Kartu Prakerja 2023 dengan mudah © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Kartu Prakerja adalah program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan pelatihan dan bantuan dana bagi para pencari kerja dan pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan dan kemampuannya. Program ini dirancang untuk membantu para peserta mendapatkan keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki, sehingga kamu dapat lebih siap menghadapi persaingan di pasar kerja yang semakin kompetitif.

Program Kartu Prakerja dibentuk oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Keuangan, dan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mempersiapkan tenaga kerja Indonesia agar lebih kompeten dan adaptif terhadap perkembangan teknologi dan industri.

Beberapa manfaat dan fitur dari Kartu Prakerja adalah:

1. Adanya pelatihan keterampilan: Peserta Kartu Prakerja memiliki akses ke berbagai program pelatihan keterampilan yang disediakan oleh lembaga-lembaga pelatihan terpercaya dan mitra kerja pemerintah.

2. Bantuan dana: Peserta Kartu Prakerja juga menerima bantuan dana yang dapat digunakan untuk membantu biaya pelatihan, transportasi, dan biaya hidup selama mengikuti program pelatihan.

3. Pengembangan karir: Program ini juga memberikan dukungan dalam pengembangan karir dan mencari peluang kerja bagi peserta setelah menyelesaikan pelatihan.

4. Pendampingan dan monitoring: Peserta Kartu Prakerja mendapatkan pendampingan dan monitoring selama mengikuti program pelatihan, sehingga kamu dapat mendapatkan bantuan dan bimbingan yang diperlukan.

5. Online dan fleksibel: Program Kartu Prakerja tersedia dalam bentuk online dan fleksibel, sehingga peserta dapat mengakses pelatihan dari mana saja dan kapan saja sesuai dengan kenyamanan kamu.

Cara daftar Kartu Prakerja 2023 dengan mudah

Cara daftar Kartu Prakerja 2023 dengan mudah © 2023 brilio.net

foto: www.prakerja.go.id

Untuk mendaftar dan menjadi peserta Kartu Prakerja, kamu dapat mengunjungi situs web resmi Kartu Prakerja yang disediakan oleh pemerintah atau melalui aplikasi seluler yang tersedia. Proses pendaftaran dan persyaratan dapat berubah dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu memperbarui informasi dari sumber resmi. Berikut cara daftar Kartu Prakerja 2023 dengan mudah dan praktis:

- Kamu bisa akses situs www.prakerja.go.id.

- Pilih menu "Daftar" yang tersedia pada laman pertama situs. Jika kamu belum memiliki akun Kartu Prakerja kamu bisa daftar terlebih dahulu.

- Setelah tekan menu daftar, kamu bisa isi data diri seperti serta Nomor Induk Kependudukan (KTP), Kartu Keluarga (KK), foto KTP, nomor HP yang masih aktif, dan masukan data diri lainnya yang diminta ketika pendaftaran pertama. Data ini akan diverifikasi oleh pihak penyeleksi program Kartu Prakerja.

- Jika kamu telah memiliki akun, kamu hanya perlu tekan menu "Masuk menggunakan email aktif dan password.

- Tahap berikut, kamu akan diminta mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Tes ini sebagai pertimbangan untuk diterima dalam program Kartu Prakerja atau ditolak.

- Jika pembukaan gelombang pendaftaran Kartu Prakerja telah dibuka, kamu bisa klik "Gabung Gelombang"

- Terakhir, kamu hanya perlu menunggu konfirmasi selanjutnya dari pihak penyeleksi program Kartu Prakerja atau menunggu hingga evaluasi pengumuman kelulusan.

- Setelah kamu lulus seleksi Gelombang pendaftaran Kartu Prakerja kamu akan memperoleh nomor Kartu Prakerja dan saldo yang tersedia pada dashboard akun kamu. Kemudian, kamu harus mengikuti pelatihan sesuai dengan minat dan kemampuan yang ingin kamu tingkatkan.