Brilio.net - Fresh graduate ketika pertama masuk kerja pasti akan campur aduk perasaannya. Terlebih kalau mendapatkan pekerjaan di kantor impian. Di sisi lain, kamu pasti akan pernah merasakan canggung dan grogi ketika berada di lingkungan kerja pertamamu.

Terkadang, beberapa orang malah jadi salah tingkah dan bingung gimana cara berinteraksi. Hal ini lumrah terjadi, jadi jangan terlalu merasa bersalah. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui etika umum di dunia kerja. Etika ini akan menjadi panduanmu untuk memahami profesionalisme dalam bekerja.

Tentunya saat proses onboarding atau pengenalan kantor sudah ada aneka peraturan tertulis yang harus kamu taati. Sayangnya, ada beberapa aturan tak tertulis yang harus kamu pahami sendiri. Demi bisa survive di hari pertama, kamu harus hati-hati, ya!

Nah, apa saja etika dasar tak tertulis yang bisa kamu terapkan di tempat kerja? Berikut ulasannya dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (30/11).

1. Sopan ketika melewati OB yang membersihkan lantai.

5 Etika dasar tak tertulis  © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Ketika kamu datang ke kantor lebih awal, umumnya OB atau office boy sudah bekerja membersihkan area kantor. Nah, ketika ingin melewati area yang sedang dibersihkan kamu harus sopan, ya. Sebaiknya meminta izin dan ucapkan kata "permisi mas/mbak" atau "maaf ya saya injek mau kesana".

Jangan dianggap sepele ya, menerapkan budaya sopan ini tentu akan mencerminkan kepribadian diri kamu. Terlebih hal ini bikin orang lain senang dan merasa dihargai. Nah, jika lantai tersebut basah, pilih bagian pinggir agar OB tak kerepotan membersihkan kembali. Jangan sungkan meminta arahan OB area mana yang bisa dilewati.

2. Ucapan "Selamat pagi" ke setiap orang yang ada di kantor.

5 Etika dasar tak tertulis  © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Etika dasar tak tertulis ketika di tempat kerja selanjutnya adalah berusaha sopan dan bersikap ramah kepada orang lain. Misalnya dengan mengucapkan salam "Selamat pagi" dengan ekspresi cerah ke setiap orang yang ada di kantor tersebut.

Minimal berikanlah senyuman tipis nan tulus terbaikmu. Rekan kerjamu walaupun berbeda divisi pasti akan senang dengan sikapmu. Kesan pertama ini akan jadi awal mula untuk membentuk relasi di dunia kerja.

3. Penampilan rapi dan profesional.

5 Etika dasar tak tertulis  © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Usai cara berperilaku, penampilan juga harus kamu perhatikan. Berpenampilan rapi dan profesional jadi salah satu etika dasar yang harus kamu taati. Setiap perusahaan pasti punya dress code masing-masing. Misalnya kamu bekerja di kantor pemerintahan pasti ada seragam yang harus kamu pakai tiap harinya. Sebaliknya, jika kamu bekerja di bidang kreatif atau startup umumnya outfit casual sudah jadi normanya.

Berpenampilan profesional tidak berarti harus menggunakan outfit branded. Yang paling terpenting adalah rapi dan tentunya terlihat sigap saat tugas atau pekerjaan datang. Jangan lupa, penampilan bukan hanya sekadar outfit tapi juga pilihan gadget yang jadi daily drivermu.

Jangan sampai performa gadgetmu membuat hari pertamamu bekerja jadi berantakan. OPPO A17 bisa jadi partnermu. Smartphone ini mempunyai desain premium feel leather. Perangkat ini juga dilengkapi dengan teknologi sistem pendingin ponsel yang dijuluki Multi-Cooling System.

Sesuai dengan namanya, fitur tersebut diklaim bisa meminimalisir panas berlebih pada ponsel secara otomatis. Sehingga pengguna tak perlu khawatir lagi perangkatnya kepanasan dan performa ponsel terganggu.

5 Etika dasar tak tertulis  © 2022 brilio.net

foto: OPPO

OPPO A17 juga sangat hemat daya dan biasa diajak kerja seharian. Smartphone ini mengusung kapasitas baterai cukup besar yaitu 5000mAh dengan dukungan pengisian cepat 10 watt. Dengan kapasitas baterai besar tentu daya tahan baterai ini cukup awet digunakan seharian.

Dari sisi perangkat keras, OPPO A17 dilengkapi dengan prosesor MediaTek Helio G35 dengan kecepatan CPU hingga 2,3 GHz. Kapasitas RAM yang ditawarkan hanya satu variasi yaitu 4 GB, namun dengan teknologi Ekspansi OPPO, kapasitas RAM dapat ditingkatkan dengan meminjam hingga 4 GB memori penyimpanan yang tidak digunakan. Tidak ketinggalan, perangkat ini juga mengantongi sertifikasi IPX4 yang menjadikannya tahan terhadap percikan air.

Aktivitas kerja kamu jadi lebih produktif dengan gadget mumpuni ini. Terlebih fitur FlexDrop yang memungkinkan pengguna untuk tetap membuka aplikasi tambahan di jendela kecil dan memberikan multitasking yang lebih efektif saat beralih antar aplikasi. Kemudian, fitur keamanan seperti Kontrol Akses Lima Tingkat dan Perlindungan Informasi Foto untuk membantu menjaga keamanan informasi sensitif.

Oppo A17 hadir dengan dua varian warna Midnight Black dan Lake Blue, keduanya menawarkan desain yang elegan dan premium. Tertarik untuk memilikinya? Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa klik di sini.

4. Jujur dengan kemampuan diri sendiri.

5 Etika dasar tak tertulis  © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Menilai diri sendiri penting untuk mengetahui kemajuan diri. Sebaiknya jadilah diri sendiri, jujur dan percaya dengan potensi serta kemampuan dalam diri. Pasalnya orang yang ingin meraih kesuksesan harus banyak intropeksi dan jujur dengan kemampuan dirinya sendiri.

5. Jangan membuang sampah sembarangan.

5 Etika dasar tak tertulis  © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Ada tidaknya petugas kebersihan di kantor, setiap karyawan wajib menjaga kebersihan. Jangan mengotori meja atau lantai di lingkungan kerja. Pastikan jangan tak acuh akan etika membuang sampah.

Cintai kantor seperti rumah sendiri. Semuanya harus dimulai dari kesadaran pribadi, dengan menanamkan dalam diri untuk membuang sampah pada tempatnya. Ketika ruangan kerja bersih, pasti hati jadi nyaman saat bekerja.

Momen kerjamu akan makin seru dilengkapi dengan memakai OPPO Enco Air2 Pro dan OPPO Enco Buds2 loh. Kedua TWS terbaru dari OPPO ini mengusung spesifikasi dan menyasar pada segmen yang berbeda. Dimana OPPO Enco Air2 Pro dibekali Driver Super Besar 12,4 mm serta Enco Air2 Pro punya sertifikasi tahan air IPX4.

5 Etika dasar tak tertulis  © 2022 brilio.net

foto: OPPO

OPPO Enco Air2 Pro hadir dilengkapi Driver Super Besar 12,4 mm, ruang suara belakang besar yang dibuat khusus dan pengaturan bass Enco Live yang menawarkan audio bass yang lebih dalam, lebih kuat, dan lebih bertenaga. OPPO Enco Air2 Pro juga dilengkapi Active Noise Cancelling (ANC) yang mampu menangkap dan meredam noise sekitar pada berbagai frekuensi suara. Earbud yang bertenaga ini meluncur dengan desain Refractive Bubble Case nan cantik dan siap untuk menjadi pusat perhatian.

Desain yang ramping memaksimalkan kenyamanan saat memakainya dan meminimalisir kelelahan saat dipakai di waktu yang lama, ditambah dengan sertifikasi IP54 tahan debu dan air. OPPO Enco Air2 Pro mampu bertahan hingga 7 jam, bahkan hingga 28 jam dengan casing pengisi daya. Enco Air2 Pro juga mendukung OPPO Flash Charging yang mampu mengisi daya hanya 10 menit yang bisa untuk mendengarkan musik selama 2 jam.

Untuk konektivitas, OPPO Enco Air2 Pro menggunakan Transmisi Latensi Rendah Binaural Bluetooth 5.2 untuk pengalaman audio terbaik. Fitur ini memiliki latensi end-to-end hingga 94 ms yang secara efektif meminimalisir audio visual yang tidak sinkron dan kehilangan konektivitas. OPPO Enco Air2 Pro juga dilengkapi dengan kontrol sentuh cerdas seperti mengetuk dua kali untuk mengambil gambar, yang membawa kemampuan earbud nirkabel ke tingkat yang baru.