Kenapa bisa dalam sekali lautnya?

Palung Mariana terletak di dasar laut sebelah timur kepulauan Mariana, barat Samudra Pasifik dekat dengan Jepang dan pulau Guam, dan lokasi terdalamnya berada di kerak bumi. Palung ini terletak di dasar barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepulauan Mariana di 11° 21' Lintang Utara dan 142° 12' Bujur Timur.

Apakah ada kehidupan di Palung Mariana? Berbagai sumber

foto: Google Earth

Nah, Palung Mariana adalah sebuah parit raksasa yang berbentuk cekungan ke bawah. Dilansir dari livescience.com, kedalaman cekungan itu diperkirakan sedalam 10.927 - 11.035 meter di bawah permukaan laut.

Tidak ada yang benar-benar mampu menemukan ukuran pasti dari dalamnya palung ini. Hal itu dikarenakan belum pernah ada peneliti atau ilmuwan yang mampu menjelajahinya sampai dasar palung ini.

Tekanan dalam air yang membahayakan, serta sinar matahari yang tak bisa menembus setelah kedalaman 1.000 meter, membuat para ilmuwan kesulitan mengukur palung ini.

Apakah ada kehidupan di Palung Mariana? Berbagai sumber

foto: livescience.com

Namun, pada tahun 2010, National Oceanic and Atmospheric Administration menggunakan sensor suara yang dikirim melalui lautan dan menetapkan Challenger Deep pada 36.070 kaki atau 10.994 meter.

Jika dibandingkan dengan ukuran Monumen Nasional yang hanya setinggi 137 meter, maka dalamnya Palung Mariana adalah 80 kali tinggi bangunan terkenal di Jakarta ini.

Selain itu, jika dibandingkan dengan puncak tertinggi Everest di Nepal yang tingginya 8.848 meter, Palung Mariana masih menang.