Brilio.net - Guru merupakan salah satu sosok yang sangat berjasa bagi hampir semua orang. Tanpa adanya guru, akan sangat sulit untuk mewujudkan cita-cita atau memajukan sebuah bangsa.

Di sekolah, guru tak hanya mengajarkan materi pelajaran sesuai kurikulum saja, tetapi juga harus mampu mendidik murid-muridnya menjadi pribadi lebih baik. Bahkan, guru pun harus bersabar ketika menghadapi murid yang bandel atau membutuhkan bantuan untuk meningkatkan nilai akademiknya.

Untuk menghargai jasanya, setiap tanggal 25 November, warga Indonesia memperingati Hari Guru Nasional. Inilah saat yang tepat untuk mengungkapkan rasa terima kasih murid kepada para pahlawan tanpa tanda jasa ini, salah satunya lewat kata-kata.

Di Indonesia, Hari Guru biasanya dirayakan dengan upacara untuk para guru serta staf pendidikan di sekolah. Tidak sedikit juga murid-murid yang diajak untuk membuat kartu ucapan untuk guru mereka sebagai tanda terima kasih.

Sebagai referensi, berikut 85 kata-kata Hari Guru Nasional, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (10/11)

Kata-kata indah tentang Hari Guru Nasional

kata Hari Guru Nasional © 2022 brilio.net

foto: pixabay.com

1. "Selamat Hari Guru! Merupakan suatu kehormatan untuk belajar banyak hal dari Anda; terima kasih telah menginspirasi saya! Kami membutuhkan lebih banyak pengajar seperti Anda di sekolah dan universitas kami."

2. "Semua upaya dan kerja keras yang Anda investasikan untuk menghasilkan yang terbaik dalam diri kami tidak akan pernah terbayar dengan kata-kata. Kami hanya bisa merasa bersyukur memiliki guru seperti Anda!"

3. "Anda adalah percikan, inspirasi, panduan, lilin dalam hidup saya. Saya sangat bersyukur bahwa Anda adalah guru saya."

4. "Saya beruntung memiliki guru yang luar biasa seperti Anda. Semoga Anda mendapatkan Hari Guru yang penuh dengan momen-momen menyenangkan!"

5. "Orang tua kami memberi kami kehidupan dan Andalah yang mengajari kami cara menjalaninya. Anda memperkenalkan kejujuran, integritas, dan semangat pada karakter kami. Selamat Hari Guru!"

6. "Pesan indah ini untuk pensiunan guru saya yang jasanya di sekolah kami sangat dihargai dan yang telah menjadi salah satu pendukung sekolah kami dengan pengajarannya yang baik. Guru, saya berterima kasih dengan sepenuh hati atas layanan Anda."

7. "Guru terbaik tidak memberi Anda jawaban, tetapi mereka memicu keinginan Anda untuk menemukan jawabannya sendiri. Selamat Hari Guru!"

8. "Pada hari ini kami menghormati guru seperti Anda, yang memberikan diri mereka dalam semua yang mereka lakukan. Jadi terima kasih, guru saya, untuk semua yang Anda berikan. Saya bersyukur menjadi murid Anda."

9. "Selamat Hari Guru Nasional! Guru seperti Anda adalah alasan mengapa siswa biasa seperti kami bermimpi melakukan hal-hal yang luar biasa."

10. "Guru adalah seseorang yang memelihara jiwa anak didiknya seumur hidup. Selamat Hari Guru untuk semua guru!"

11. "Selamat Hari Guru Nasional! Terimalah rasa hormat dan harapan terbaik saya untuk Anda selamanya!"

12. "Semua upaya dan kerja keras yang Anda investasikan untuk menghasilkan yang terbaik dalam diri kami tidak akan pernah terbayar dengan kata-kata. Kami hanya bisa merasa bersyukur memiliki guru seperti Anda!"

13. "Anda adalah sumber inspirasi bagi saya. Anda telah mengajari saya lebih dari buku mana pun. Terima kasih telah menjadi guru yang luar biasa!"

14. "Guru harus memimpin dengan memberi contoh dan Anda selalu menjadi contoh yang sangat baik untuk diikuti. Sebagai seorang siswa, saya merasa sangat bersyukur memiliki mentor yang hebat dalam hidup saya. Selamat Hari Guru Sedunia!"

15. "Selamat Hari Guru untuk Anda! Kebijaksanaan, dedikasi, dan kebaikan Anda akan selalu membawa kami ke jalan yang benar dan menginspirasi kami untuk menjadi manusia yang lebih baik."

16. "Guru yang terkasih, saya ucapkan Selamat Hari Guru. Terima kasih telah menjadi cahaya penuntun dan telah menginspirasi saya untuk berhasil dalam studi saya. Anda adalah guru terbaik."

17. "Seorang guru itu adalah orang yang menyentuh masa depan."

18. "Menjadi guru adalah panggilan jiwa. Kita akan sangat kesulitan memajukan pendidikan jika seseorang ingin menjadi guru sekadar untuk mencari nafkah."

19. "Guru yang baik tidak pernah bilang muridnya bodoh, tapi guru yang baik selalu bilang, 'Muridku belum bisa'."

20. "Tak ada yang lebih membuat murid gembira selain berhasil mempelajari sesuatu. Dan tak ada yang membuat seorang guru gembira selain menemukan cara untuk mengajari muridnya." - Andrea Hirata

21. "Menjadi pendidik adalah salah satu perbuatan baik tanpa syarat."

22. "Mungkin guru bukanlah orang terpintar atau tersukses di muka bumi. Namun guru mampu membimbingmu menuju kesuksesan."

23. "Sepandai apa pun seorang siswa, peran guru tetap sangat penting sebagai pendidik dan pembimbing."

24. "Bukan harta yang harus kita berikan untuk menghormati guru, bukan benda yang harus kita berikan untuk membuat senang hati guru. Tapi sikap kita dan penghormatan kita kepadanya yang bisa membuatnya senang."

25. "Guru yang bijak ialah mereka yang mengajar sesuai dengan apa yang siswa butuhkan. Tidak semata-mata harus berdasarkan kurikulum yang kaku dan membelenggu."

26. "Seorang guru itu adalah orang yang mengajarkan kemudahan, bukan malah menjelaskan kerumitan."

27. "Guru adalah ujung tombak keberhasilan pendidikan di sekolah."

28. "Guru terbaik adalah guru yang tak kenal lelah mencari cara agar muridnya mengerti." - Andrea Hirata

29. "Seorang guru itu adalah orang yang berani mengajar dengan tidak berhenti belajar."

30. "Seorang guru itu adalah orang yang berani mengajar dengan tidak berhenti belajar."

31. "Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah." - Ki Hadjar Dewantara

32. "Guru yang baik itu ibarat lilin, membakar dirinya sendiri demi menerangi orang lain."

33. "Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan, serta memperhalus perasaan." - Tan Malaka

34. "Terima kasih untuk semua guru yang pernah memberi pelajaran karena dengan upaya keras mereka, dunia menjadi tempat yang menakjubkan."

35. "Guru adalah ujung tombak keberhasilan pendidikan di sekolah."

36. "Jika ingin berkah harta, berbaktilah kepada orang tua. Jika ingin berkah ilmu, berbaktilah pada guru."

37. "Jika ingin berkah harta, berbaktilah kepada orang tua. Jika ingin berkah ilmu, berbaktilah pada guru."

38. "Tantangan menjadi guru itu bukan pada kehebatan dia menguasai teori yang akan diajarkan, melainkan bagaimana memahami sikap siswa dan cara menghadapinya." - Hengki Kumayandi

39. "Ada dua jenis guru, yakni jenis yang akan mengisimu dengan banyak tembakan sehingga kamu tidak bisa bergerak, dan jenis yang memberikan kamu sedikit lecutan di belakang sehingga kamu akan melompat ke langit." - Robert Frost

40. "Aku seorang guru. Guru adalah seorang pemimpin. Tidak ada keajaiban dalam pekerjaanku. Aku tidak berjalan di atas air. Aku tidak membelah lautan. Aku hanya mencintai anak-anak." - Marva Collins

41. "Tugas guru bukan menjejalkan pelajaran, guru harus menghidupkan pengetahuan." - Najwa Shihab

42. "Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik. Di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide. Dari belakang, seorang huru harus memberikan dorongan dan arahan." - Ki Hadjar Dewantara

43. "Seni tertinggi guru adalah untuk membangun kegembiraan dalam ekspresi kreatif dan pengetahuan." - Albert Einstein

44. "Apa yang ingin dipelajari murid sama pentingnya dengan apa yang ingin diajarkan guru." - Lois E. LeBar

45. "Guru dan murid semestinya jadi knowledge bulider. Tidak sekadar knowledge provider dan knowledge acquisitor." - J. Sumardianta

46. "Menjadi guru yang aktif dan kreatif harus punya motivasi yang kuat meskipun dengan keterbatasan yang ada." - Andy F. Noya

47. "Guru adalah mereka yang menunjukkan kepada kita apa yang mungkin dalam urutan yang tidak mungkin." - Paul Valéry

48. "Doa guru itu sama kuatnya dengan orang tua." - Dyah Rinni

49. "Seorang guru berpengaruh selamanya. Dia tidak pernah tahu kapan pengaruhnya berakhir." - Henry Brooks Adams

50."Guru adalah siapa pun dia yang ajaran dan didikannya bermanfaat bagi orang di sekitarnya." - Harly Umboh

(brl/lea)