Brilio.net - Bahasa Indonesia memiliki banyak jenis kalimat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kalimat yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari adalah kalimat himbauan.

Kalimat himbauan sering digunakan di berbagai tempat seperti spanduk, brosur, hingga di setiap iklan layanan masyarakat lainnya. Kalimat himbauan sendiri merupakan sebuah kalimat yang berisi himbauan atau ajakan pada orang lain untuk melakukan sebuah tindakan.

Untuk mengetahui informasi lebih banyak terkait contoh kalimat himbauan, brilio.net rangkumkan contoh kalimat himbauan lengkap dengan penjelasannya dari berbagai sumber pada Selasa(4/10).

Definisi kalimat himbauan yang sering digunakan sehari-hari.

Contoh kalimat himbauan berbagai sumber

foto: freepik.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), himbauan berarti sebagai permintaan ajakan, sehingga kalimat himbauan sendiri berarti kalimat yang berisi sekumpulan seruan ataupun ajakan untuk melakukan sebuah tindakan.

Kalimat himbauan bertujuan untuk mengajak para pembacanya melakukan atau menggunakan sesuatu. Kalimat ini sering kamu temukan di beberapa tempat karena kalimat ini erat kaitannya dengan iklan sehingga sering dimanfaatkan dalam pembuatan iklan di masyarakat.

Ciri-ciri kalimat himbauan.

Contoh kalimat himbauan berbagai sumber

foto: freepik.com

Kalimat memiliki beberapa ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda dengan kalimat-kalimat lainnya. Berikut ini ciri-ciri kalimat himbauan:

1. Kalimat berisi ajakan untuk melakukan sesuatu, baik perintah maupun larangan.

2. Biasanya menggunakan frasa atau kata yang menarik, seperti "ayo" dan "mari".

3. Di akhir kalimat ada tanda seru.

4. Pemilihan kata yang menarik agar orang tertarik mengikutinya.

5. Kata yang digunakan sederhana dan mudah dipahami.

6. Biasanya digunakan dalam iklan, layanan masyarakat, atau promosi.

 

Magang: Muhammad Reza Ariski