Brilio.net - Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang sudah dipelajari selama 12 tahun, terhitung sejak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kamu akan banyak belajar baik dari tata bahasa hingga jenis-jenis kalimat.

Meskipun bahasa Indonesia adalah bahasa kamu sehari-hari, namun pada kenyataannya masih banyak yang masih kebingungan dengan materi dalam bahasa Indonesia. Salah satu jenis kalimat yang bakal kamu pelajari di mata pelajaran bahasa Indonesia adalah kalimat simpleks.

Kalimat simpleks itu sendiri erat kaitannya dengan teks laporan observasi, karena biasanya dalam sebuah laporan observasi menggunakan jenis kalimat ini. Kalimat simpleks ini biasanya juga disebut kalimat tunggal.

Berikut ini 65 contoh kalimat simpleks Bahasa Indonesia lengkap dengan penjelasannya yang berhasil brilio.net lansir dari berbagai sumber pada Rabu(26/10).

Pengertian dari kalimat simpleks dalam bahasa Indonesia.

Kalimat simpleks itu sendiri erat kaitannya dengan teks laporan observasi. © 2022 brilio.net foto: freepik.com

Kalimat simpleks sendiri merupakan sebuah kalimat yang hanya terdiri dari satu klausa atau satu struktur predikat. Kalimat simpleks disebut juga dengan kalimat tunggal. Kalimat tunggal adalah kalimat yang terdiri dari dua unsur, kemudian bisa diperlukan untuk membentuk pola yang baru. Klausa kalimat tunggal yaitu frasa nominal, frasa verbal, frasa adjektiva, dan frasa numeralia.

Ciri-ciri kalimat simpleks dalam bahasa Indonesia.

Setelah mengetahui apa itu kalimat simpleks kamu juga harus tahu ciri-ciri dari jenis kalimat ini, berikut ini ciri-ciri kalimat simpleks:

1. Kalimat simpleks atau kalimat tunggal terdiri atas satu klausa lengkap.(Satu klausa lengkap berpola S-P, S-P-O, S-P-O-K, S-P-O-K-Pel).

2. Kalimat simpleks memiliki 2 pola, yaitu:Intonasi deklaratif dan Intonasi interogatif + Klausa lengkap

3. Struktur kalimat simpleks adalah sederhana.(kalimat ini hanya memiliki satu kejadian atau peristiwa sehingga tidak juga menggunakan kata hubung)

4. Kalimat simpleks juga tidak menggunakan tanda baca koma.

Perbedaan kalimat simpleks dan kompleks dalam Bahasa Indonesia.

Kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri dari klausa utama dan klausa subordinatif. Kalimat kompleks (kalimat majemuk) tersusun dari kalimat utama (induk kalimat) dan anak kalimat. Jadi, kalimat kompleks disusun dari induk kalimat utuh dan anak kalimat sebagai pelengkap.