Brilio.net - Istilah kata keterangan waktu tak asing lagi di telinga kita. Dalam bahasa Indonesia tentu kita sering menggunakan kata keterangan waktu dalam membicarakan sesuatu. Penggunaan keterangan waktu ini sangat penting karena memberikan informasi waktu terhadap suatu peristiwa yang terjadi.

Fungsi kalimat keterangan waktu dapat memberikan gambaran waktu terjadinya peristiwa. Sebab, informasi yang lengkap sebaiknya memuat apa, kapan, di mana, dan siapa yang berkaitan dengan peristiwa tersebut. Kalimat keterangan waktu ini juga penting dalam penulisan maupun menyampaikan informasi, laporan atau pengumuman resmi yang memerlukan kejelasan waktu.

Pengertian kalimat keterangan waktu

Menurut ahli tata bahasa, keterangan waktu terdiri dari berbagai macam kata atau frasa seperti hari, bulan, tahun, jam, dan lain sebagainya yang digunakan untuk menjelaskan waktu terjadinya suatu peristiwa atau kejadian.

Menurut H Bambang Setiyadi dalam bukunya yang berjudul Kamus Bahasa Indonesia (2007), keterangan waktu adalah kata atau kelompok kata yang menunjukkan waktu atau jangka waktu suatu peristiwa terjadi. Sedangkan, menurut Sudaryanto dalam bukunya yang berjudul "Metode Linguistik" (1993), keterangan waktu adalah kata atau kelompok kata yang menunjukkan waktu terjadinya suatu peristiwa, seperti hari, bulan, tahun, jam, menit, dan sejenisnya.

Dari penjelasan para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa keterangan waktu adalah unsur dalam bahasa yang berupa kata atau frasa yang memberikan informasi tentang waktu terjadinya suatu peristiwa atau kejadian. Keterangan waktu sangat penting dalam bahasa karena dapat memberikan kejelasan dan keakuratan dalam penggunaan bahasa dalam berbagai konteks.