Brilio.net - Salah satu momen yang paling ditunggu anak-anak saat Lebaran adalah mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya). Belakangan ini, anaka-anak disebut investasi orang tua saat mendapatkan THR dari kerabat dan keluarga. Orang tua akan memanfaatkan pendapatan anak-anak saat Idul Fitri

Mengingat usia mereka yang tak terlalu paham soal nilai uang, anak-anak ini sering menyerahkan THR pada orang tua. Walhasil orang tua pun akan menyimpan uang THR anak-anaknya.

Sayangnya, kadang orang tua kalap dengan tidak memanfaatkan uang THR anak dengan bijak. Alhasil uang THR yang sudah dikumpulkan dari sanak saudara, dibelanjakan dengan sangat boros, dan akhirnya membuat sang anak dan orang tua menyesal.

Sebagai langkah pencegahan dari rasa penyesalan tersebut, para orang tua perlu mengetahui berbagai tips mengelola uang THR anak. Oleh sebab itu perlu perancanaan yang bijak untuk mengelola uang THR biar nggak boros dan bermanfaat.

Tips mengelola uang THR anak pada dasarnya sama seperti halnya, orang dewasa mengatur perencanaan uang. Namun, disini orang tua memiliki peran dan tanggung jawab lebih besar dalam mendidik anak mereka dalam mengelola keuangan tersebut. Pengelolaan uang THR yang terencana secara terperinci mampu memberikan dampak positif kepada sang anak, baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Pemahaman dan pengajaran seputar mengelola uang juga bisa menjadi ajang berlatih anak dalam menyiapkan berbagai kebutuhan finansial di masa depan kelak. Hal ini berguna supaya mereka tidak mudah dalam menyia-nyiakan uang di masa depan. Perencanaan dan pengelolaan yang terukur mampu menyediakan bekal finansial yang pastinya sangat dibutuhkan mereka di masa depan kelak.

Berikut 5 tips mengelola uang THR anak, dijamin hemat dan bermanfaat seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (84).


1. Ajarkan pendidikan keuangan melalui THR anak

tips mengelola THR anak © 2024 brilio.net

foto: freepik.com

Langkah paling utama dalam mengelola uang THR anak adalah dengan mengajarkan anak tentang pentingnya mengelola uang sejak dini. Di dalam prosesnya, anak perlu dijelaskan mengenai konsep menabung, dan mengatur pengeluaran agar uang THR tetap bisa bermanfaat panjang. Lalu anak bisa dibantu diajarkan cara membuat anggaran dan juga perencanaan keuangan yang lebih terperinci.

Agar anak dan orang tua memahami apa saja kebutuhan serta keinginan yang ingin dicapai kedua belah pihak secara adil. Pendidikan keuangan juga berguna untuk menanamkan pemahaman bahwa sejatinya menabung itu demi masa depan yang lebih baik. Jika tidak ditanamkan sejak dini, maka anak berpotensi mudah menghambur-hamburkan uang.