Brilio.net - Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, terdapat materi yang mempelajari tentang jenis-jenis kalimat. Salah satunya adalah kalimat lampau. Kalimat ini tidak luput dari masa lampau atau masa lalu, karena menceritakan sebuah kisah yang telah terjadi dalam kaidah atau aturan bahasa yang baik dan benar.

Masa lampau adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan totalitas peristiwa yang terjadi sebelum suatu waktu titik tertentu. Kejadian pada masa lalu dijelaskan dan didefinisikan oleh masa kini dan masa depan. Kalimat ini biasanya terdapat dalam teks sejarah dan menceritakan fakta-fakta yang terjadi pada masa yang telah lampau.

Kalimat lampau merupakan susunan beberapa kata atau klausa yang dilengkapi kata penghubung untuk menyatakan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Kalimat lampau sering ditemui pada teks sejarah. Hal ini dikarenakan teks sejarah merupakan jenis teks yang secara khusus membahas apa saja yang sudah lampau dan pengaruhnya bagi masa kini dan masa depan.

Di dalam Bahasa Indonesia, bentuk lampau hanya dinyatakan dengan kalimat tanpa harus mengubah kata. Bentuk lampau ini ditandai dengan beberapa nominal maupun preposisi lampau seperti:
- Kemarin
- Dahulu
- Tahun lalu
- Sejak
- Dari

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut contoh kalimat lampau dalam Bahasa Indonesia yang bisa dipelajari. Semua telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (19/10).

Ciri-ciri Kalimat Lampau.

41 Contoh kalimat lampau bahasa Indonesia © 2022 berbagai sumber

foto: pixabay.com

Adapun ciri dari kalimat lampau, antara lain:

- Menyatakan suatu peristiwa yang telah terjadi di masa lalu atau lampau.
- Ditandai dengan adanya nomina waktu lampau.
- Menggunakan kata sudah, terbukti, setelah, dan lainnya.
- Menggunakan kata kerja material (menolong, menyanyikan, menari, memimpin, dan sebagainya).
- Menggunakan kata kerja mental (mengecewakan, sependapat, berpikir, dan lain-lain).

 

 

 

 

Mgg: ANNISA DHEANING TRIPRASIWI