Brilio.net - Membesarkan dan mendidik anak adalah kewajiban setiap orang tua. Untuk itu, penting mengetahui kekuatan anak sejak dini agar orangtua dapat memengaruhi arah masa depannya. 

Apalagi untuk anak berkebutuhan khusus yang mengalami keterbatasan atau pengecualian pada tingkat fisik, mental, intelektual, sosial, atau emosional. Dibutuhkan cara didik yang istimewa. Cara didik yang kurang sesuai berdampak pada proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Menurut Coach Pris, CEO Stress Management Indonesia, ketika orangtua dapat mendidik anak dengan tepat, otak anak dapat bekerja dengan benar dan anak menjadi lebih bahagia. Dengan begitu mereka belajar dengan lebih cepat yang berdampak pada prestasi mereka yang akan meningkat. Nah berikut ini 4 rahasia neuroscience anak dapat cepat dalam belajar.

1. Selalu berikan motivasi pada anak

Menggali potensi anak © 2022 brilio.net abcacademyjackson.com 

Sebagian besar anak menyadari keterbatasan mereka sendiri. Karena itu mereka sering merasa cemas dan frustasi ketika mencoba melakukan sesuatu. Orangtua harus membantu mengatasi kekurangan tersebut dan menyadari potensinya. Selain itu orangtua juga harus meyakinkan anak bahwa mereka mampu melakukan apapun yang menjadi impiannya. 

2. Berikan anak-anak pendidikan yang tepat

Menggali potensi anak © 2022 brilio.net twigscience.com 

Pendidikan merupakan sarana penting bagi anak. Karena itu, orangtua harus aktif mempromosikan kemampuan anak-anaknya dengan melibatkan mereka di sekolah. Orangtua dapat memilih sekolah inklusif yang mendukung perkembangan anak sesuai dengan kekuatannya masing-masing.