Brilio.net - Setiap anak memiliki karakter dan keunikan tersendiri. Karena itu dibutuhkan peran orangtua untuk terus menggali potensi si buah hati. Psikolog Erika Kamaria Yamin menyebutkan peran orangtua sangat penting dalam masa-masa usia emas untuk memberikan stimulasi yang tepat kepada anak menggali minatnya sendiri.

“Orangtua sebaiknya memberikan stimulasi yang seimbang dalam faktor tumbuh kembang anak yang mencakup pertumbuhan fisik, kognitif, motorik, bahasa dan sosial emosi. Jika stimulasi yang diberikan sudah seimbang, tugas orangtua adalah mendampingi anaknya mengembangkan minat dan potensinya sambil tetap menjaga keseimbangan faktor-faktor tersebut,” terang Erika dalam acara talkshow bertajuk Merayakan Keunikan Potensi Setiap Anak di acara Kiddofest 2022 di Main Atrium Pluit Village Mall, Jakarta Utara, baru-baru ini.   

Menggali potensi anak © 2022 brilio.net

Dalam acara besutan aplikasi parenting Kiddo.id tersebut, Erika menegaskan agar orangtua perlu memberi ruang bagi anak dalam bereksplorasi dan mencoba hal-hal baru yang positif. Erika memandang positif beragam aktivitas dan pilihan kursus yang hadir dalam Kiddofest 2022 sehingga membantu orangtua untuk memilih program-program guna menggali minat dan potensi anak.

Sementara itu, Mischka Aoki (14) dan Devon Kei Enzo (13) kakak-beradik yang menjadi juara pada ajang World Mathematics Invitational 2021 dan International Geography Olympiad 2021 membagikan tips bagi anak-anak Indonesia untuk memaksimalkan minat dan potensi yang dimilikinya. “Ketika melakukan suatu aktivitas yang didasari rasa suka maka akan memberikan dampak dan hasil luar biasa,” ujar Mischka.   

Mischka dan Devon menyukai aktivitas yang ada kaitannya dengan berhitung, semisal brain games, matematika quizzes, atau adu tebak-tebakan bersama orang tua mereka.

Menggali potensi anak © 2022 brilio.net

Karena itu CEO Kiddo.id, Analia Tan mengungkapkan pihaknya sengaja menggelar festival yang berlangsung selama empat hari (10-13 November 2022) ini dengan mengusung tema Celebrating Uniqueness atau Merayakan Keunikan. Menurutnya, setiap anak perlu diberikan pendidikan sesuai dengan keunikannya sehingga mereka bisa menggapai cita-citanya secara maksimal.

“Kiddofest bisa menjadi momen yang tepat bagi orangtua untuk mengeksplorasi keunikan anak-anaknya serta membantu anak merayakan keunikannya lewat berbagai aktivitas dan kursus yang sesuai dengan kekuatan mereka,” ujar Analia.

Oh iya, selama empat hari pelaksanaan Kiddofest 2022 digelar berbagai kompetisi dan aktivitas gratis untuk anak-anak.