Brilio.net - Tingginya intensitas orang dalam melakukan transaksi non tunai saat ini, memungkinkan terjadinya salah transfer uang. Jika terlanjur salah bertransaksi, kamu harus mencari cara melacak uang salah transfer agar bisa kembali. Biasanya kesalahan dalam mengirim uang ini terjadi saat membayar maupun bertransaksi lewat ATM atau mobile banking.

Terlanjur transfer uang apalagi dalam jumlah yang cukup besar pastinya membuat kita panik dan uring-uringan. Di momen genting seperti ini, orang seringkali putus asa dan panik, sehingga tidak bisa berfikir jernih. Lalu apakah ada cara untuk kita bisa melacak uang salah transfer tersebut?

Sebenarnya salah satu cara gampang untuk melacak alur transfer uang dapat dilakukan dengan mencari nama penerimanya. Setelah itu, kamu bisa menghubungi orang tersebut melalui media sosial dan meminta tolong untuk mengembalikan sejumlah nominal yang salah transfer. Namun, seringkali kejadian seperti ini berlangsung pada situasi yang kurang menguntungkan. Apalagi tidak semua orang memiliki sifat dan kejujuran yang tinggi dan berbesar hati untuk mengembalikan uang salah transfer tersebut.

Hal tersebut membuat uang yang sudah terlanjur di transfer sulit untuk kembali. Namun, kamu bisa mencoba melacak uang salah transfer dengan beberapa prosedur yang dilewati. Prosedur ini memungkinkan kamu untuk dapat melacak kemana aliran transfer sekaligus memperbesar kemungkinan uang kamu bisa kembali.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk melacak uang yang sudah terlanjur ditransfer. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (27/2), setidaknya ada 4 cara melacak uang salah transfer yang bisa kamu ikuti secara bertahap.

1. Menghubungi pihak bank sesegera mungkin.

Cara melacak uang salah transfer © berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara melacak uang salah transfer yang pertama adalah dengan menghubungi pihak bank. Tentunya bank memiliki langkah antisipasi, agar uang yang salah kirim masih besar kemungkinannya untuk bisa kembali. Kamu bisa menghubungi call center dari bank yang digunakan, lalu sampaikan kejadian sejujur-jujurnya. Kamu perlu menyampaikan detail transaksi yang keliru, seperti nomor rekening asli dan tujuan, nama pengirim, nama penerima, waktu kejadian, dan yang paling utama adalah berapa nominal yang ditransfer.

Selanjutnya jika tanya jawab seputar transaksimu sudah dilakukan, bank akan berupaya melacak dan menyampaikan situasi dan kondisi yang berlaku. Jika proses transfer tersebut masih dalam jangkauan kendali bank, bank akan mengupayakan untuk mengembalikan uang yang sudah terlanjur kamu transfer.

Berikut adalah beberapa call center dari berbagai bank di Indonesia yang bisa kamu hubungi jika terjadi kesalahan transfer.

Bank BCA: 1500888

Bank Mandiri: 14000

Bank BRI: 14017

Bank BNI: 17722

Bank BTN: 1500286

Bank Danamon: 1500090

Bank Permata: 1500111

Bank Maybank: 1500611

Bank Panin: 1500678

Bank CIMB Niaga: 14041

Bank UOB Indonesia:14008

Bank Mega: 08041500010

Bank KB Bukopin: 14005

Bank Syariah Indonesia: 14040

Bank Jawa Barat dan Banten: 14049

Bank DKI: 1500351

Bank Daerah Istimewa Yogyakarta: 0274375127

Bank Jawa Tengah: 14066

Bank Jawa Timur: 14044

 

 

(mgg/Zidan Fajri)