Brilio.net - Kalimat perintah sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk ketika seseorang menyampaikan suatu perintah atau intruksi dalam bahasa Inggris.

Kalimat intruksi dalam bahasa Inggris kerap disebut dengan giving instruction. Secara garis besar, giving instruction kurang lebih sama dengan imperative sentence. Karena imperative sentence juga merupakan kalimat yang menyuruh, meminta, memerintah, dan memberikan petunjuk kepada lawan bicara supaya melakukan sesuatu.

Supaya dapat memahami dengan jelas tentang materi giving instuction, berikut penjelasannya yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (15/16)

Pengertian instruction

Contoh kalimat instruction istimewa

foto: pexels.com

Secara umum, kalimat instruction dikenal dengan kalimat untuk memberikan instruksi. Oleh karena itu, kalimat instruction merupakan suatu ekspresi yang ditunjukkan dan digunakan untuk meminta seseorang melakukan sesuatu. Sederhananya, kalimat instruction memiliki pengertian memberi perintah kepada seseorang yang merupakan lawan bicara untuk melakukan yang diperintahkan.

Giving instruction adalah sebuah ekspresi yang digunakan untuk meminta seseorang melakukan sesuatu, bisa berupa anjuran maupun suruhan atau perintah. Giving instructions juga bisa berfungsi untuk memberikan kalimat semangat kepada orang lain, contoh; be eagerly artinya (semangatlah!), Keep your spirit (tetap semangat)

Jenis-jenis kalimat instruction

1. Verbal instruction

Kalimat verbal instruction merupakan kalimat instruksi yang menggunakan kata kerja atau verb dalam kalimatnya. Kata please dalam kalimat verbal instuction dapat digunakan di awal maupun di akhir kalimat. Berikut adalah rumus yang digunakan dalam kalimat verbal instruction.

a. (Verb 1 + object)
b. (Let’s + verb 1 + object)
c. (Please + verb 1 + object)

2. Nominal instruction

Nominal instruction merupakan kalimat instruksi yang tidak menggunakan kata kerja atau verb, namun menggunakan to be maupun auxiliary verb. Dalam kalimat giving instruction dengan perintah yang sistematis, Quipperian perlu menambahkan kata seperti then, after that, next, first, second, third, dan finally. Berikut ini adalah rumus nominal instruction yang perlu untuk Quipperian.

a. (Be + adjective/adverb/noun)
b. (Please/let’s/can you + be + adjective/adverb/noun)