Contoh konjungsi kausalitas.

Contoh kata konjungsi kausalitas © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

1. Karena - Menunjukkan hubungan sebab-akibat antara dua peristiwa atau tindakan. Contoh: Saya terlambat ke kantor karena hujan deras.

2. Sebab - Sama dengan karena, menunjukkan hubungan sebab-akibat. Contoh: Saya tidak bisa datang ke pesta itu sebab saya sedang sakit.

3. Oleh karena itu - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan kesimpulan. Contoh: Saya sudah membeli tiket pesawat, oleh karena itu saya akan berangkat ke luar negeri besok.

4. Dengan demikian - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan kesimpulan. Contoh: Saya sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, dengan demikian saya yakin bisa berhasil dalam ujian besok.

5. Akibatnya - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan hasil atau konsekuensi dari peristiwa atau tindakan. Contoh: Dia sering telat datang ke kantor, akibatnya dia dipecat oleh bosnya.

6. Karena itu - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan kesimpulan. Contoh: Dia sudah bekerja keras selama ini, karena itu dia berhak mendapatkan promosi.

7. Maka - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan hasil atau konsekuensi dari peristiwa atau tindakan. Contoh: Dia sudah menyelesaikan tugasnya dengan baik, maka dia mendapatkan pujian dari bosnya.

8. Jadi - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan hasil atau konsekuensi dari peristiwa atau tindakan. Contoh: Saya sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, jadi saya yakin bisa berhasil dalam ujian besok.

9. Karenanya - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan kesimpulan. Contoh: Dia sudah terlalu sering berbuat kesalahan, karenanya dia dipecat oleh bosnya.

10. Sehingga - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan hasil atau konsekuensi dari peristiwa atau tindakan. Contoh: Saya sudah belajar dengan giat, sehingga saya bisa mendapatkan nilai yang baik dalam ujian.

11. Dalam arti lain - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan memperkenalkan definisi atau penjelasan alternatif. Contoh: Saya sudah mencoba memperbaiki situasi ini, dalam arti lain saya sudah melakukan yang terbaik yang saya bisa.

12. Sebabnya - Sama dengan sebab atau karena, menunjukkan hubungan sebab-akibat. Contoh: Sebabnya saya terlambat ke kantor karena macet di jalan.

13. Oleh sebab itu - Sama dengan oleh karena itu, menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan kesimpulan. Contoh: Saya sudah mempersiapkan diri dengan baik, oleh sebab itu saya yakin bisa berhasil dalam ujian besok.

14. Karena hal ini - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan memperkenalkan alasan tertentu. Contoh: Saya tidak bisa berolahraga karena hal ini membuat cedera saya semakin parah.

15. Berhubung - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan memperkenalkan alasan tertentu. Contoh: Saya tidak bisa datang ke pesta itu berhubung saya sedang sibuk dengan pekerjaan.

16. Oleh karena - Sama dengan karena, menunjukkan hubungan sebab-akibat. Contoh: Saya terlambat ke kantor oleh karena saya lupa menyetel alarm.

17. Mengakibatkan - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan hasil atau konsekuensi dari peristiwa atau tindakan. Contoh: Kecelakaan itu mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan.

18. Itu sebabnya - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan alasan atau penjelasan. Contoh: Saya tidak bisa ikut rapat itu, itu sebabnya saya sedang ada di luar kota.

19. Sebab itulah - Sama dengan karena itu, menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan kesimpulan. Contoh: Dia sudah terlalu sering berbuat kesalahan, sebab itulah dia dipecat oleh bosnya.

20. Sebabkan - Sama dengan mengakibatkan, menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan hasil atau konsekuensi dari peristiwa atau tindakan. Contoh: Tindakannya itu sebabkan kekacauan di ruangan itu.

21. Oleh sebab - Sama dengan karena atau oleh karena itu, menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan alasan atau kesimpulan. Contoh: Saya tidak bisa datang ke acara itu, oleh sebab saya harus menghadiri acara lain.

22. Karena alasan ini - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan memperkenalkan alasan tertentu. Contoh: Saya tidak bisa mengikuti pertemuan itu karena alasan ini membuat saya terlalu sibuk.

23. Sebab itu pula - Sama dengan karena itu, menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan kesimpulan. Contoh: Dia tidak bisa datang ke pesta itu, sebab itu pula dia sudah terlalu lelah.

24. Maka dari itu - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan kesimpulan. Contoh: Saya sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, maka dari itu saya yakin bisa berhasil dalam ujian besok.

25. Akibat - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan hasil atau konsekuensi dari peristiwa atau tindakan. Contoh: Kebakaran itu menyebabkan kerugian besar akibat terbakarnya gedung itu.

26. Sebabkan - Sama dengan mengakibatkan atau sebab, menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan hasil atau konsekuensi dari peristiwa atau tindakan. Contoh: Kebiasaan buruk itu bisa sebabkan kesehatan yang buruk.

27. Karenanya - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan kesimpulan. Contoh: Saya sudah terlalu lelah untuk berolahraga, karenanya saya memilih untuk beristirahat saja.

28. Sebab - Sama dengan karena, menunjukkan hubungan sebab-akibat dan memperkenalkan alasan tertentu. Contoh: Saya tidak bisa ikut rapat itu sebab saya sedang ada di luar kota.

29. Oleh karena itu - Menunjukkan hubungan sebab-akibat dan mengekspresikan kesimpulan. Contoh: Dia sudah terlalu sering berbuat kesalahan, oleh karena itu dia dipecat oleh bosnya.

30. Dikarenakan - Sama dengan karena atau sebab, menunjukkan hubungan sebab-akibat dan memperkenalkan alasan tertentu. Contoh: Saya tidak bisa hadir pada acara itu dikarenakan jadwal kerja yang padat.