Brilio.net - Kalimat ungkapan sering dilontarkan seseorang untuk meluapkan isi hatinya, baik saat sedang senang, marah, atau sedih. Kalimat ungkapan dapat diartikan sebagai ungkapan atau gabungan kata yang maknanya sudah menyatu dan tidak dapat ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), ungkapan memiliki makna kalimat atau bagian kalimat yang dilisankan. Namun, ada juga yang mengartikan ungkapan atau dikenal dengan sebutan idiom, merupakan gabungan dua kata atau lebih yang dapat mempunyai makna tertentu.

Biasanya ungkapan sering digunakan untuk meluapkan isi hati atau menyatakan situasi tertentu dalam bentuk kiasnya. Kalimat yang mengandung ungkapan bisa disebut dengan kalimat ungkapan.

Berikut ini brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber, contoh kalimat ungkapan yang cocok untuk luapkan isi hati, pada Jumat (14/10).

Jenis jenis kata ungkapan.

Terdapat dua jenis kata ungkapan yang perlu diketahui, jenis kata ungkapan tersebut dibagi dalam beberapa klasifikasi. Agar lebih jelas pahami ulasan berikut ini.

1. Ungkapan berdasarkan pembentuknya.

- Ungkapan numerik: kata ungkapan yang menggunakan unsur angka di dalamnya. Unsur bilangan digunakan untuk membentuk kata ungkapan tersebut. Contoh: satu, dua, dan tiga.

- Ungkapan nama tanaman: kata ungkapan yang komponennya mengandung nama tanaman ataupun bagian bagian dari tanaman. Contoh: bunga, mawar, duri.

- Ungkapan kata kerja: kata ungkapan yang menggunakan kata kerja sebagai komponen untuk membentuk kata ungkapan tersebut. Contoh: banting, dengar, lompat.

- Ungkapan kata benda: kata ungkapan yang terdiri dari komponen pembentuknya dari kata benda. Contoh: meja, batu , sapu.

- Ungkapan bagian tubuh: kata ungkapan yang unsur komponennya berkaitan dengan bagian tubuh. Contoh: mata, tulang, tangan.

- Ungkapan alam: kata ungkapan yang memiliki komponen pembentuk yang berkaitan dengan alam. Contoh: langit, tanah, api.

- Ungkapan binatang: kata ungkapan yang komponen pembentuknya menggunakan nama binatang. Contoh : semut, udang, sapi.

- Ungkapan warna: kata ungkapan yang komponennya mengandung kata warna. Contoh: merah, hijau, hitam.

2. Ungkapan berdasarkan bentuknya.

- Ungkapan sebagai suatu perbandingan atau metafora: artinya kata ungkapan yang komponen pembentuknya dari suatu perbandingan dengan sifat yang sama. Contoh: keras kepala, kepala batu.

- Ungkapan sesuatu atau frasa: artinya kata ungkapan yang komponen pembentuknya dari suatu sampaian atau ungkapan hal dengan menggunakan kiasan. Contoh: angin lalu, lepas laju.

 

 

Mgg: Agung Pradana Putra