Brilio.net - Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang bahasa. Tidak sedikit siswa yang menganggap belajar bahasa Inggris itu sulit, padahal sebenarnya cukup mudah loh. Untuk memahami dan melatih kemampuan bahasa Inggris, kamu harus sering mengerjakan contoh soal, menghafalkan verb dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Ada beberapa jenis teks Bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui, yaitu narrative, recount, dan report text. Report text merupakan teks yang bertujuan menyampaikan informasi dengan mendeskripsikan sesuatu secara umum, meliputi berbagai hal dan fenomena alam/sosial yang terjadi di sekitar kita. Tidak perlu khawatir dalam belajar bahasa Inggris, brilio.net sudah menyediakan berbagai contoh soal report text dan jawabannya yang bisa membantu kamu dalam belajar, Selasa (11/10).

Pengertian report text 

Report text adalah salah satu jenis teks yang dalam bahasa Inggris yang menjelaskan mengenai detail dari suatu objek. Report text biasanya disamakan dengan descriptive text karena kedua jenis teks tersebut menginformasikan atau mendeskripsikan mengenai suatu hal. Namun, report text memiliki tujuan untuk menggambarkan objek dengan apa adanya sesuai dengan hasil pengamatan penulis.

Report text berisi serangkaian fakta yang logis dan bersifat objektif, tanpa ada keterlibatan pribadi (pendapat pribadi) penulis.

Struktur report text

Struktur text memiliki struktur atau generic structure yang perlu kamu ketahui. Berikut strukturnya:

1. General classification (klasifikasi umum)

Pengantar tentang objek/fenomena yang akan dibahas

2. Description (deskripsi)

Menerangkan objek/fenomena yang dibahas, meliputi bagian-bagian, kualitas dan perilaku.

Unsur kebahasaan...