Brilio.net - Dalam bahasa Indonesia terdapat beberapa jumlah kalimat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, salah satu kalimat tersebut adalah kalimat sanggahan atau seringkali disebut dengan kalimat bantahan. Kalimat sanggahan seringkali ditemukan saat sedang melakukan diskusi, rapat, dan lain sebagainya. Kalimat ini digunakan untuk menyampaikan ketidaksetujuan atau penolakan terhadap suatu hal atau pembahasan.

Jika seseorang sedang melakukan suatu diskusi kemudian tidak setuju dengan pendapat orang lain, maka seseorang tersebut sudah pasti menolak atau menyanggah pendapat tersebut. Tetapi penolakan dengan kalimat sanggahan harus disampaikan dengan baik, agar orang lain tersebut tidak sakit hati.

Nah, tadi adalah penjelasan singkat tentang kalimat sanggahan,tetapi agar lebih paham tentang apa sebenarnya kalimat sanggahan itu. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang kalimat sanggahan beserta ciri-ciri dan contoh kalimatnya yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (28/11)

13 Contoh teks diskusi berbagai tema, lengkap dan mudah dipahami © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Pengertian kalimat sanggahan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sanggahan dapat diartikan sebagai bantahan. Definisi lainnya, sanggahan adalah pendapat lain atas suatu pendapat (prasaran dan sebagainya). Selain itu, kata sanggah juga memiliki kata turunan lainnya, seperti menyanggah, penyanggah, hingga penyanggahan.

Adapun pengertian lain dari kalimat sanggahan yaiti merupakan susuna kalimat yang digunakan untuk menunjukan penolakan ide, gagasan, atau pendapat yang dirangkai dengan santun agar tidak menimbulkan konotasi kasar atau tidak terkesan kasar. Penggunaan kalimat sanggahan umumnya digunakan dalam forum atau kegiatan diskusi. Sehingga ada proses saling menyampaikan pendapat dan saling menyanggah maupun menyetujui pendapat yang disampaikan sejumlah pihak.

Dengan menggunakan penekanan yang disampaikan dengan santun. Tujuan dari kalimat sanggahan adalah untuk menghindari konotasi kasar serta negatif sehingga sanggahan atau bantahan yang disampaikan dapat dengan mudah diterima oleh orang lain, termasuk oleh mereka yang pendapatnya disanggah atau lawan bicara.

Ciri-ciri kalimat sanggahan

Kalimat sanggahan tentu mempunyai ciri khusus yang digunakan untuk membedakannya dengan kalimat-kalimat lain serta agar mudah dipahami. Berikut adalah ciri kalimat sanggahan yang dikutip dari buku yang berjudul Debat: Berfikir Kritis, Berwawasan Luas, Persuasif, Argumentatif (2018) yang ditulis oleh Fegy Lestari.

1. Kalimat sanggahan disampaikan secara logis, obyektif, dan jujur

2. Kalimat sanggahan disampaikan secara detail, rinci, urut, dan jelas

3. Kalimat sanggahan dinyatakan tanpa emosi atau prasangka negatif

4. Kalimat sanggahan menggunakan kata pertentangan, misalnya tetapi, namun, dan lain-lain

5. Kalimat sanggahan menunjukan fakta berdasarkan data atau perbandingkan yang meyakinkan orang lain

13 Contoh teks diskusi berbagai tema, lengkap dan mudah dipahami © 2021 brilio.net

foto : pexels.com