Brilio.net - Dalam mata pelajaran bahasa Inggris, kamu akan dikenalkan sebuah materi kalimat sebab-akibat. Kalimat sebab akibat adalah salah satu dari sekian banyak jenis kata yang bisa kamu pelajari.

Biasanya, untuk punya skill menulis dalam bahasa Inggris, kalimat sebab-akibat perlu kamu pahami agar tidak keliru saat menulis dalam bahasa Inggris. Maka dari itu, mempelajari contoh kalimat sebab-akibat menjadi penting.

Contoh kalimat sebab-akibat dalam bahasa Inggris bisa kamu dapatkan dari guru, buku panduan, ataupun dari internet. Jika kamu sedang mencari contoh kalimat sebab-akibat dalam bahasa Inggris, maka kamu perlu menyimak artikel ini sampai habis.

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (23/11), ini dia 20 contoh kalimat sebab akibat dalam bahasa Inggris, dari mulai pengertian, ciri, dan jenisnya.

contoh kalimat sebab akibat dalam bahasa Inggris freepik.com

foto: freepik.com

Pengertian kalimat sebab akibat

Kalimat sebab-akibat (cause and effect sentences) adalah kalimat yang menguraikan hubungan sebab dan akibat antara suatu peristiwa atau kejadian dengan peristiwa atau kejadian lainnya. Dalam kalimat sebab-akibat, terdapat suatu tindakan atau keadaan yang menyebabkan terjadinya peristiwa atau keadaan lain.

Kalimat sebab akibat menggambarkan kausalitas atau hubungan sebab dan akibat antara dua elemen dalam kalimat. Sebab adalah faktor atau peristiwa yang menyebabkan suatu hasil atau akibat tertentu. Sebaliknya, akibat adalah hasil atau dampak dari suatu sebab tertentu.

Ciri-ciri kalimat sebab-akibat:

1. Adanya Hubungan Kausalitas: Kalimat sebab-akibat selalu menunjukkan hubungan kausal atau sebab dan akibat antara dua elemen atau peristiwa.

2. Urutan Waktu atau Logis: Kalimat ini biasanya mengikuti urutan waktu atau logis. Sebab umumnya terjadi sebelum akibat.

3. Penggunaan Konjungsi: Penggunaan konjungsi seperti "because," "since," "as a result," "therefore," dan "so" seringkali muncul dalam kalimat sebab-akibat.

Jenis-jenis kalimat sebab-akibat:

1. Sebab mendahului akibat: "Because the weather was bad, the event was canceled."
2. Akibat mendahului sebab: "The event was canceled because the weather was bad."
3. Pengulangan sebab-akibat: "Because of the bad weather, the event was canceled; therefore, attendees were disappointed."

contoh kalimat sebab akibat dalam bahasa Inggris freepik.com

foto: freepik.com