Brilio.net - Sebagai pelajar di Indonesia, ujian sekolah itu harus dilakukan, apalagi saat ini sudah dimulai kembali sekolah tatap muka. Ujian dilakukan sebagai bentuk evaluasi pemahaman murid terhadap materi yang diajarkan dan agar mengetahui sejauh mana kemampuan murid-murid tersebut.

Mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah yang sangat penting. Pembelajaran mencakup ketata bahasaan dalam kehidupan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, peserta didik dapat mengemukakan gagasan dengan pemikiran sendiri atau lebih sering disebut opini.

Pada hakikatnya, belajar bahasa Indonesia adalah belajar berkomunikasi. Menurut Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulis.

Oleh karenanya, bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan berkomunikasi serta bingung dalam mencari contoh soal, berikut brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (20/10), 17 contoh soal bahasa Indonesia kelas 6 dan kunci jawabannya.

 

Magang: Ricka Milla Suatin