Struktur dasar kalimat efektif bahasa Inggris.

Untuk membentuk kalimat efektif dalam bahasa Inggris tentunya terdapat struktur dasar kalimat sebagai penyusunnya. Berikut adalah struktur dasar kalimat efektif bahasa Inggris.

1. Simple sentence.

Simple sentence atau kalimat sederhana adalah kalimat yang hanya mengandung satu klausa saja. Klausa tersebut merupakan klausa utama (yang dapat berdiri sendiri). Untuk membentuk sebuah klausa, kamu hanya membutuhkan sebuah subjek dan predikat.

2. Compound sentence.

Compound sentence adalah kalimat yang menggabungkan dua klausa yang dapat berdiri sendiri, yang dihubungkan dengan sebuah kata hubung atau konjungsi. Kalimat ini terbentuk ketika satu atau beberapa simple sentence digabungkan, biasanya dengan conjuction (kata sambung) seperti and, or, but, atau tanda titik koma (;).

3. Complex Sentence.

Complex sentence adalah kalimat kompleks dalam bahasa Inggris yang di dalamnya terdapat satu klausa induk atau klausa bebas, dan setidaknya terdapat satu buah klausa terikat atau klausa subordinatif. Kalimat ini memuat satu independent clause dan satu dependent clause.

4. Compound-complex sentence.

Kalimat ini memuat sedikitnya dua independent clause dan satu atau beberapa dependent clause. Dilansir dari Basic English (2018), compound-complex sentence memiliki dua atau lebih kalimat induk atau klausa independen dan satu atau lebih anak kalimat. Anak kalimat bisa terletak di awal, di tengah, maupun di akhir. Antara kalimat induk dengan kalimat induk disatukan dengan kata hubung atau koma.