Penggunaan atau fungsi adverb of time

Adverb of time memiliki posisi standar dalam suatu kalimat, tergantung pada hal-hal yang dijelaskan oleh keterangan waktu tersebut. Berikut adalah penggunaan atau fungsi adverb of time:

a. Adverb of time untuk memberitahu kapan sesuatu terjadi

Posisi kata keterangan ini di akhir kalimat merupakan posisi netral. Namun, kata-kata keterangan ini dapat diletakkan di posisi lain untuk memberikan penekanan yang berbeda. Semua kata keterangan yang memberi tahu kita kapan sesuatu terjadi dapat diletakkan di awal kalimat untuk menekankan unsur waktu.

b. Adverb of time untuk memberitahu berapa lama

Kata keterangan yang memberi tahu berapa lama biasanya juga diletakkan di akhir kalimat.

c. Adverb of time untuk memberitahu seberapa sering

Kata keterangan yang memberi tahu seberapa sering sesuatu terjadi menunjukkan frekuensi suatu kejadian. Kata keterangan ini biasanya diletakkan sebelum kata kerja utama, tetapi setelah kata kerja bantu (seperti be, have, may, dan must).

d. Adverb of time untuk memberitahu suatu hal yang belum terjadi

Kata keterangan ini biasanya menggunakan kata "yet" dalam kalimat tanya dan negatif untuk menunjukkan bahwa sesuatu belum terjadi atau mungkin tidak akan terjadi, tetapi diharapkan untuk terjadi. Kata keterangan ini diletakkan di akhir kalimat atau setelah kata not.

e. Adverb of time untuk menunjukan kalimat berkelanjutan

Kata keterangan ini biasanay menggunakan kata "still" dalam kalimat-kalimat positif, kata keterangan ini diletakkan sebelum kata kerja utama dan setelah kata kerja bantu seperti be, have, might, dan will. Jika kata kerja utamanya adalah to be, letakkan still setelah dan bukan sebelum kata kerja utama. Dalam pertanyaan, still diletakkan sebelum kata kerja utama.